Rossi Memberi Harapan

Sulitkan Marquez dalam Kualifikasi di Lintasan Basah

Minggu, 13 Oktober 2013 – 13:17 WIB
Valentino Rossi. Getty Images

jpnn.com - SEPANG - Cuaca yang tak menentu membuat akhir dramatis dalam sesi kualifikasi MotoGP Malaysia. Hujan yang mengguyur Sirkuit Sepang membuat tim-tim harus bekerja ekstrakeras untuk mengubah seting motor para pembalapnya. Hasilnya, Marc Marquez (Repsol Honda) berhasil merebut pole position setelah mengalahkan Valentino Rossi (Yamaha Factory Racing). Hujan mengguyur Sirkuit Sepang dan sekitarnya pada pagi hari.

Namun, lintasan mengering sebelum sesi latihan terakhir dimulai. Bahkan, sesi kualifikasi pertama berlangsung tanpa pengaruh hujan yang terjadi sebelumnya.

BACA JUGA: Renault Terbanyak Raih Pole Position

Namun, hujan turun lagi sesaat sebelum sesi kualifikasi kedua dilangsungkan. Sontak, para mekanik kembali sibuk di garasi masing-masing untuk mengubah seting motor.

Turunnya hujan itu seperti memberikan keuntungan besar bagi Rossi. Dia mendapatkan kecepatan yang kompetitif di awal sesi kualifikasi kedua. Rossi mampu menciptakan catatan waktu lebih cepat hingga lebih dari 3 detik daripada para rivalnya.
Hujan masih mengguyur hingga sekitar 20 menit berikutnya. Baru pada 5 menit terakhir sesi kedua, hujan benar-benar berhenti. Saat itulah para kompetitor Rossi meraih peningkatan kecepatan.

BACA JUGA: Pedrosa di Bawah Bayang-Bayang Pain Killer

Rossi memang tak mampu memperbaiki catatan waktunya. Meski demikian, hingga detik terakhir, dia tetap berada di posisi teratas dengan 2 menit 0,336 detik.

Namun, drama terjadi menjelang kualifikasi berakhir. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez tampil menggila ketika waktu sudah berhenti. Dia mampu mencatat waktu 2 menit 0,011 detik atau lebih cepat 0,325 detik dari Rossi.

BACA JUGA: Polandia Siap Hadang Inggris

”Kuncinya, saat berada dalam kondisi seperti ini adalah menanti hingga terakhir. Di awal sesi kedua benar-benar tidak mungkin melakukan tekanan dan meraih kecepatan yang baik,” tutur Marquez dalam sesi jumpa pers.

Dengan hasil itu Marquez menggagalkan pole Rossi yang sudah ada di depan mata. Rossi tidak mampu meraih pole lagi sejak memilih hijrah ke Ducati pada musim 2011. Itu artinya pembalap Italia tersebut sudah tiga tahun tak merasakan start dari posisi terdepan.

Namun, hasil kualifikasi kemarin tetap menjadi hasil kualifikasi terbaik bagi Rossi pada periode kembalinya dia ke Yamaha. Musim ini dia memang sudah meraih satu kemenangan. Tapi, itu diraih tanpa menempati pole.

Meski meraih hasil bagus pada kondisi hujan, Rossi tetap berharap balapan terjadi di lintasan kering. Dia optimistis meraih peningkatan mengingat langkah yang baik sejak latihan terakhir kemarin. Dia meraih kecepatan yang kompetitif walau menggunakan ban yang sudah terpakai.

”Kami mendapatkan hasil yang baik sejak pagi. Itu berlanjut di sesi kualifikasi. Semoga kondisi lintasan tetap baik di balapan, karena kami menunjukkan progres yang fantastis,” ungkap Rossi.

Kecepatan Rossi memberikan harapan tersendiri bagi rekan setimnya, Jorge Lorenzo, dalam perjuangan mengejar Marquez yang memimpin klasemen. Sebab, seandainya Lorenzo selalu menang dan Marquez selalu finis kedua, gelar juara tetap direbut rookie itu.

Posisi ketiga start ditempati pembalap Yamaha Tech 3 Cal Crutchlow. Sama dengan Marquez, pembalap Inggris itu memperbaiki catatan waktu di akhir sesi kedua. Sementara, Lorenzo tercepat keempat.

Nonton Seru Bareng Rombongan Yamaha STSJ

Sementara itu, pendukung Lorenzo dan Rossi di Sirkuit Sepang bertambah pada lomba akhir pekan ini. Mereka adalah rombongan penggemar MotoGP dari Indonesia yang datang ke Sepang bersama PT Surya Timur Sakti Jatim (main dealer Yamaha). Mereka adalah pemenang kuis undian bertajuk Nonton Bareng MotoGP Live di Malaysia yang diselenggarakan sejak awal musim lalu.

Sebelum menyaksikan balapan hari ini, kemarin mereka menikmati beberapa destinasi wisata utama di Malaysia. Di antaranya Genting Highland Resort. (ady/c2/ang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dibantai Belanda, Pelatih Hungaria Mundur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler