Redakan Nyeri Haid dengan Mengonsumsi 9 Makanan Ini

Senin, 21 Oktober 2024 – 02:01 WIB
Ilustrasi Jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MENSTRUASI merupakan tamu bulanan wanita yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri.

Terkadang rasa sakitnya bisa mencapai tingkat yang hampir tidak bisa ditoleransi sehingga menyulitkan wanita untuk menjalani rutinitasnya.

BACA JUGA: Atasi Nyeri Haid dengan 3 Cara Alami Ini

Namun, kabar baiknya adalah ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk mengatasi nyeri haid.

Ini termasuk pola makan yang sehat. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengurangi nyeri haid dan ketidaknyamanan terkait serta membuat pengalaman haid berikutnya tidak terlalu menyiksa.

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Ampuh Jaga Kesehatan Jantung Anda

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.in.

1. Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang umum digunakan dengan khasiat obat.

BACA JUGA: Atasi Nyeri Haid dengan Mengonsumsi 3 Obat Ini

Telah diketahui bahwa kunyit mengurangi peradangan dalam tubuh dan karenanya berperan dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat nyeri haid.

2. Oat

Oat adalah pilihan sarapan yang baik karena mudah dibuat dan sangat bergizi.

Oat penuh serat sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menghilangkan kebutuhan untuk mengunyah camilan sebelum makan besar berikutnya.

Oat juga merupakan sumber seng dan magnesium yang baik yang melemaskan pembuluh darah.

Ini membantu mengurangi bahan kimia serotonin di otak Anda yang meningkatkan kesehatan mental positif.

Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dimakan untuk mengurangi nyeri haid, oat poha yang lezat, oats idli, atau bahkan oatmeal semalaman atau bubur oat yang lezat dengan topping buah beri yang banyak bisa membantu.

3. Jahe

Jahe secara alami dianugerahi sifat antiinflamasi yang berhasil mengakhiri nyeri otot terkait menstruasi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine pada tahun 2018, jahe terbukti efektif mengurangi rasa mual dan muntah.

4. Teh Kamomil

Jika Anda berpikir tentang cara meredakan kram menstruasi dengan cepat, teh kamomil adalah makanan lain yang memiliki sifat antiinflamasi.

Lebih merupakan minuman daripada makanan, teh kamomil mudah dibuat dan membantu meredakan kejang otot serta meningkatkan suasana hati Anda dengan menenangkan sistem saraf Anda.

5. Cokelat Hitam

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Penelitian Keperawatan dan Kebidanan Iran, magnesium ditemukan mengurangi gejala PMS yang parah.

Cokelat hitam tidak hanya merupakan pilihan camilan sehat, tetapi juga direkomendasikan sebagai makanan yang membantu meringankan gejala-gejala menstruasi.

6. Vitamin C

Makanan yang diperkaya vitamin C pasti menduduki peringkat teratas sebagai makanan yang membantu mengatasi kram menstruasi.

Selama siklus menstruasi, Anda akhirnya kehilangan sejumlah besar sel darah merah daripada yang bisa dikompensasi oleh tubuh Anda.

Oleh karena itu, dosis harian vitamin c seperti lemon dan jeruk bisa sangat bermanfaat untuk penyerapan zat besi yang lebih baik ke dalam tubuh Anda dari makanan yang kamu konsumsi selama menstruasi (khususnya 3 – 5 hari setiap bulannya).

Lemon mengandung serat yang membantu mengatasi kejang otot dan jeruk mengandung potasium dan magnesium serta jumlah vitamin c yang lebih banyak dibandingkan lemon yang sangat efektif untuk meredakan nyeri haid.

7. yang Direndam dan Kesar

Kebiasaan mengonsumsi kismis yang direndam semalaman dan meminum air kesar, yaitu beberapa helai kunyit yang direndam dalam segelas air semalaman, terbukti meredakan nyeri haid serta perubahan suasana hati dan kembung yang terkait.

8. Air

Meskipun tampaknya air adalah jawaban untuk banyak hal, minum air sebenarnya mencegah tubuh Anda menahan air.

Segelas besar air bisa membantu mengurangi kembung yang berhubungan dengan menstruasi.

Jika Anda tidak suka minum air putih, cobalah mengonsumsi makanan berbahan dasar air seperti selada, seledri, mentimun, semangka, atau buah beri.

Menghidrasi dengan cairan hangat atau panas adalah pilihan lain yang juga bisa membantu meredakan kram Anda.

9. Ikan Salmon

Salmon dan ikan air dingin lainnya kaya akan asam lemak yang dikenal sebagai omega-3.

Omega-3 membantu mengurangi peradangan, sehingga baik untuk meredakan nyeri secara umum, termasuk nyeri kram menstruasi, menurut sebuah percobaan kecil.(fny/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cinepolis Jadi Bioskop Pertama dengan Menu Makanan Bersertifikasi Halal di Indonesia


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
nyeri haid   Makanan   Jahe   kunyit  

Terpopuler