Redakan Sakit Perut yang Anda Rasakan dengan 7 Teh Herbal Ini

Rabu, 19 April 2023 – 01:59 WIB
Teh hijau. Foto: Health

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda pernah mengalami yang namanya sakit perut? Semua orang pasti pernah terserang sakit perut.

Alasannya bisa apa saja untuk sakit perut dan iritasi. Pada saat-saat seperti itu, pertempuran di perut Anda seringkali bisa ditenangkan hanya dengan secangkir teh herbal.

BACA JUGA: 7 Pengobatan Alami yang Bantu Redakan Sakit Perut dengan Cepat

Telah ditemukan bahwa ada beberapa teh yang bisa menenangkan sistem pencernaan dan meredakan sakit perut.

Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba pengobatan teh ini.

BACA JUGA: 3 Teh Herbal Ini Bikin Asam Lambung Anda Ambyar

Ini karena, pertama, Anda harus mengetahui alasan ketidaknyamanan di perut Anda dan kedua, kamu harus tahu apakah salah satu dari teh ini bisa memengaruhi kondisi kesehatan lainnya secara negatif.

Teh ramah perut ini menggunakan ramuan umum seperti jahe, peppermint, chamomile, spearmint, basil, dan licorice, yang semuanya memiliki khasiat obat yang menenangkan perut.

BACA JUGA: Atasi Sakit Perut dengan 4 Makanan Sehat Ini

Cari tahu teh mana yang bermanfaat bagi lambung dengan cara apa dan membantu perut Anda tetap sehat.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Teh Jahe

Jahe telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun hingga sekarang. Dikenal karena khasiatnya yang luar biasa yang membantu pencernaan, sakit perut, mulas, mual, dan mabuk perjalanan, manfaat jahe tidak terbatas pada sistem pencernaan saja.

Ini juga membantu seseorang dari batuk dan pilek, menyeimbangkan kadar gula darah, dan meredakan seseorang dari rasa sakit.

Jika Anda menderita gas perut, sindrom iritasi usus besar, atau sakit perut karena salah satu masalah pencernaan di atas, jahe bisa meredakannya.

Secangkir teh herbal jahe adalah semua yang Anda butuhkan setelah makan yang buruk.

2. Teh Chamomile

Chamomile telah dinilai sebagai salah satu ramuan paling populer di dunia dan ini karena sifat antispasmodik, antiinflamasi, dan karminatifnya.

Khasiat ramuan ini bekerja sama untuk menenangkan perut. Chamomile meredakan seseorang dari sakit perut, kram perut, gangguan pencernaan, gas perut, dan sindrom iritasi usus secara efektif.

Secangkir teh chamomile bisa membantu perut Anda beristirahat dengan sangat damai.

3. Teh Kemangi

Kemangi adalah ramuan yang telah banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda sejak ribuan tahun yang lalu.

Kemangi secara efektif mengobati sakit perut, membantu mengatasi kejang perut, dan meredakan seseorang dari gas perut.

Ramuan ini juga membantu mengobati pilek dan meredakan batuk. Secangkir teh kemangi akan memberikan banyak kelegaan dari gas dan kejang perut dan segera menyegarkan Anda.

4. Teh Licorice

Seringkali, Anda tidak yakin apakah kamu menderita sakit mag dan ketika Anda mengetahuinya, Anda cenderung panik.

Jika Anda masih dalam tahap pertama, disarankan untuk minum teh licorice. Licorice memiliki khasiat yang bisa meringankan seseorang dari sakit mag dan kondisinya yang menyakitkan.

Akar licorice diketahui bisa melindungi seseorang dari sakit perut, gangguan pencernaan, dan kembung akibat mag karena memiliki kemampuan melindungi sel-sel yang melapisi dinding lambung.

5. Teh Peppermint

Peppermint adalah ramuan lain yang telah teruji oleh waktu karena khasiat obatnya yang menakjubkan.

Daun dan minyak peppermint telah digunakan secara tradisional sejak lama karena bisa menenangkan perut dengan meningkatkan aliran empedu dan menenangkan otot.

Peppermint juga terbukti membantu mengobati mual, gas perut, kram menstruasi, dan hampir semua jenis penyakit perut.

6. Teh Spearmint

Spearmint adalah ramuan obat yang telah terbukti sangat membantu dalam membebaskan seseorang dari banyak masalah perut yang umum.

Manfaatnya berkisar dari meredakan seseorang dari gas perut, mual, gangguan pencernaan, dan diare hingga mengobati batu empedu, sindrom iritasi usus, pembengkakan saluran empedu dan kandung empedu, dan kejang saluran pencernaan bagian atas.

Jika Anda menderita salah satu dari masalah ini, buatlah secangkir teh spearmint panas dan minumlah perlahan. Anda pasti akan merasa lebih baik dalam waktu singkat.

7. Teh Hijau

Sementara semua ramuan mencuri perhatian bersama, teh hijau membuat entri diam-diam ke domain pengobatan perut yang tidak sehat.

Teh hijau terbukti sangat membantu dalam mengobati perut kembung dan gas. Kafeinnya sedikit lebih tinggi daripada teh herbal lainnya dan terkadang dapat menyebabkan sakit perut.

Namun, ini tidak meniadakan semua dampak positifnya. Teh hijau menyegarkan, mengandung antioksidan, meningkatkan metabolisme, dan sangat menenangkan perut.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler