Refly Tidak Takut Diadukan ke KPK

Sabtu, 11 Desember 2010 – 08:41 WIB
Bupati Simalungun JR Saragih bersama pengacaranya, Refly Harun, usai sidang pembacaan putusan sengketa pemilukada Simalungun di MK, 24 September 2010. Foto: sam/JPNN

JAKARTA -- Refly Harun tidak akan takut dilaporkan ke KPKMenurut dia, laporan ke KPK adalah jalan terbaik untuk membuktikan siapa yang salah di antara mereka

BACA JUGA: Lacak dari Sinyal Hp, Densus Nyamar jadi Penjual Mainan

Dia juga menegaskan siap diperiksa KPK kapanpun
Dia mengatakan, upaya melaporkan hasil investigasi ke KPK merupakan niat postifi

BACA JUGA: Jamaah Asal Banjarmasin Hilang di Madinah

Namun, dia justru heran kenapa Akil justru yang kebakaran jenggot
Sebab, dia tak pernah menyampaikan bahwa hakim itu adalah Akil.

"Ini kan aneh

BACA JUGA: Bidan-Perawat Wajib Berizin

Kami menyampaikan kepada Ketua MK secara tertutupTim tidak menyebut siapa-siapa, tiba-tiba ada ketakutanPublik mestinya bertanya-tanya," katanya.

Karena itu, menurut dia, proses hukum di KPK merupakan jalan terbaikItu akan menjernihkan persoalan antara dirinya dan Akil"Saya tidak ada persoalan dengan siapa-siapaBiarkan hukum yang berbicara," katanya.

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie mengapresiasi keterbukaan lembaga yang pernah ia pimpin dalam mengungkap kasus suap"Saya hargai juga Mahfud (Ketua MK) dengan segala plus minusnya yaSebagian orang mengatakan, Mahfud berlebihan, ada juga yang bilang begituTapi esensi sikapnya yang harus ditangkap, yaitu adalah bahwa MK itu harus dijaga kewibawaan dan citranya," kata Jimly usai peringatan Hari HAM sedunia di Kantor Wapres, Jakarta, kemarin.

Namun, Jimly juga mengapresiasi Refly HarunJimly menyatakan, Refly tidak perlu takut dituntut balik"Kalau tidak salah ya jangan takutSalah gak Refly-nya" Kan belum tentu salah diaKan nanti di pengadilanKalau pengadilan mengatakan dia tidak salah, karena ini kebebasan berpendapat, aman dia," kata Jimly.

Ia mengatakan, Refly dan MK harus sama-sama dihargai"Saya hargai usahnya Refly dan usaha kegigihan MK untuk mempertahankan citra," kata JimlyIa mengatakan, MK merupakan lembaga yang sangat penting sehingga citranya tidak boleh rusak oleh perilaku orang per orang(aga/sof)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat Juga Minta Sultan Mundur dari Golkar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler