REI Goda Investor ke Mandalika

Senin, 27 Maret 2017 – 17:08 WIB
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com, LOMBOK BARAT - Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  mendukung rangkaian acara gathering corporate grup Realestate Indonesia (REI) yang akan memperingati hari jadi ke-45 dengan tema Rei Garda Terdepan Membangun Rakyat.

Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu akan mendukung acara yang digelar 2-3 April 2017 mendatang di Mandalika, NTB, Lombok.

BACA JUGA: PT Kimco Armindo Tak Bisa Kirim Batu Bara, Alasannya?

Deputi Pengembangan Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan, dalam membangun kepariwisataan kerja sama sinergi dengan incorporated bisa dijadikan modal awal.

Terlebih semangat incorporated adalah semangat yang menjadi dasar di dalam menggerakkan komponen pentahelix atau lima pemangku kepentingan utama.

BACA JUGA: Kebijakan Ini Dorong Percepatan Pembangunan Sumba Timur

Yakni akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

Apalagi, permintaan REI adalah menuju salah satu destinasi prioritas Kemenpar atau biasa disebut dengan Bali Baru, Mandalika, NTB.

BACA JUGA: Warga Dukung Gerakan Masyarakat Cerdas Berinvestasi

Seperti diketahui, salah satu Bali Baru itu sudah dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang pengembangannya terus diprioritaskan bersama 10 Bali Baru lainnya.

Yakni Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Pulau Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah-Jogja, Bromo Jawa Timur, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Malut.

”Peserta kegiatan ini sangat berpotensi untuk mengembangkan destinasi KEK Mandalika. Itu karena, mereka yang hadir adalah para Investor yang memiliki anggota sebanyak 3.800 pengembang. Semoga lewat pertemuan dan perjalanan  ini, Kemenpar berharap dapat meningkatkan pengembangan  KEK Mandalika dan mengangkat citra positif pariwisata Indonesia melalui kegiatan promosi perjalanan insentif,” ujar Esthy.

Sementara itu, Ketua REI Miftahuddin Ma'ruf mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang menjadi salah satu pendukung acaranya.

Miftahuddin mengatakan, rangkaian acara ulang tahun itu akan di isi empat kegiatan pokok.

Yakni bedah rumah, Mandalika Investment Forum, gala dinner, city tour Bali- Lombok. Acara ini pun diadakan di  empat tempat terpisah.

Yaitu Hotel Anvaya Bali, Garuda Wisnu Kencana Bali, Hotel Golden Palace Mataram Lombok dan KEK Mandalika. Khusus untuk Kemenpar hanya mendukung kegiatan yang ada di Mandalika.

Menurut Miftahuddin, program Investment Forum di Mandalika adalah pertemuan yang membahas rencana pengembangan kawasan Mandalika sebagai destinasi tujuan wisata strategis nasional dan opportunity bagi anggota REI dalam pengembangan kawasan tersebut.

"Saat acara Mandalika Investment Forum para investor akan mengunjungi KEK Mandalika dan beberapa destinasi lainya seperti Kuta, Tanjung Aan, Bukit Merese, Bukit Seger, kunjungan ke desa adat Sasak dan desa adat Sade Rembitan, kami akan informasikan ke semua anggota bahwa betapa sangat berpotensinya pariwisata di Mandalika, dan tentunya menggenjot kunjungan wisman terus ke tanah air," tandasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyadari, pemerintah tidak mungkin  membiayai semua project pariwisata dengan menggunakan beban negara.

Karena itu, sejak awal Kemenpar akan menggandeng swasta atau private  sector dengan mengundang para investor yang meramaikan destinasi wisata.

Terutama untuk investasi 10 Bali Baru yang oleh Presiden Joko Widodo sudah  diprioritaskan untuk dilakukan percepatan pembangunan.

"Sejak kami luncurkan, dibuka keran investasi di sektor pariwisata di sepuluh  titik itu, silahkan bagi para pemodal yang tertarik. Mereka yang bangun  hotel, resort, restoran, café, membuat atraksi dan semua hal yang  dibutuhkan wisatawan untuk bisa berlama-lama dan merasa nyaman di  destinasi tersebut," jelas pria asli Banyuwangi itu.

Pemerintah mengurus infrastruktur dasar seperti jalan, air, listrik, dan internet atau infrastruktur  komunikasi, yang saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar yang tidak mungkin ditiadakan seperti halnya  sandang, pangan dan perumahan.

"Investasi itu menjadi tugas pemerintah. Yang mengisi dan  menghidupkan kawasan dengan amenitas itu, harus menggerakkan private sector, salah satunya juga peran REI,"tandasnya. (jos/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Berharap S&P Naikkan Rating Investasi


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
investasi   REI   Mandalika  

Terpopuler