Rekor Menantang Tradisi

Selasa, 18 Februari 2014 – 09:20 WIB

jpnn.com - MANCHESTER - Tiga hari setelah kemenangan 2-0 atas Chelsea di ronde kelima Piala FA, Manchester City harus kembali menjalani laga big match. The Citizen berhadapan dengan juara Spanyol Barcelona pada leg pertama babak 16 besar di Etihad, dini hari nanti (live SCTV pukul 02.45).

 

Pertemuan City versus Barca menjadi partai yang paling diantisipasi pada babak perdelapan final. Penampilan kedua tim pada ajang domestik terakhir sangat menjanjikan.
    
Selain City yang mengandaskan Chelsea, Barca juga membawa modal bagus menjelang lawatan ke Etihad. Barca membekap Rayo Vallecano enam gol tanpa balas di Primera Division (16/2).
    
Di Liga Champions, City melakoni laga-laga yang impresif pada fase grup. Meski finis pada posisi kedua di bawah Bayern Muenchen di grup D, tetapi City mampu mengoleksi 15 poin. Itu lebih banyak dua angka ketimbang Barca yang menjuarai Grup H.
    
Manuel Pellegirni juga menyuntikkan mentalitas pemenang pada City. Vincent Kompany dkk menjadi macan di kandang sendiri. Dalam 20 laga kandang di semua kompetisi, City hanya gagal menang di dua partai.     
    
Semua pemain puas dengan performa City. Pemain kunci City yang juga eks gelandang Barca Yaya Toure mengaku sangat menikmati bermain di bawah Pellegrini. Lebih saat dia membela Barca (2007-2010).
    
"Di Barca, tugas saja adalah menahan dan mengorganisasi lini tengah. Semuanya hanya soal fokus dan tidak boleh kehilangan konsenterasi. Sekarang saya bisa turun membantu pertahanan atau bergabung di penyerangan," ucap Toure kepada UEFA. Com.
    
"Kemampuan saya merasa dibatasi saat bermain di Barcelona. Saya lebih suka bermain di Inggris. Ini adalah liga yang mengusung permainan terbuka dan sangat cepat," imbuh bintang asal Pantai Gading tersebut.                    
    
Meski City sangat bagus musim ini, namun ingat bahwa Barca memiliki tradisi yang kuat di Liga Champions. Dalam enam musim terakhir, Barca selalu menembus babak semifinal.
    
Walau seri melawan AC Milan dan kalah melawan Ajax Amsterdam di fase grup, Barca masih memuncaki klasemen Primera Division dan memastikan tempat di final Copa del Rey.      
    
Hal inilah yang membuat Entrenador Barca Gerardo Tata Martino sangat percaya diri menjelang laga ini. Kemenangan setengah lusin melawan Rayo mempertebal semangat Xavi dkk.      
    
"Kami akan menjalani pertandingan berat melawan City. Ini adalah momen yang sempurna untuk mencoba lolos ke perempat final," kata Tata kepada situs resmi Barca. "Hampir semua pemain tampil dengan sangat baik," imbuh pelatih Argentina tersebut.
    
Kabar buruk bagi City. Striker utama Sergio Aguero masih berkutat dengan cedera hamstring. Tanpa Aguero, Alvaro Negredo bisa berpasangan dengan Edin Dzeko jika Pellegrini mengusung formasi 4-4-2.
    
Untunglah Fernandinho sudah sembuh. Gelandang asal Brasil itu sudah berlatih ringan bersama skuad City dalam persiapan terakhir ke kandang City.
    
Di sisi lain, Barca tidak memiliki problem pemain yang cedera. Semua pemain siap tempur termasuk Lionel Messi yang menjadi pusat permainan dalam skema 4-3-3. (nur)

BACA JUGA: Sempat Rusuh, PBR Segera Lapor ke PT LI

Perkiraan Pemain Man City v Barcelona

BACA JUGA: Bayern Tolak Latihan di London

Man City (4-4-2): 1-Hart (g); 5-Zabaleta, 26-Demichelis, 4-Kompany", 13-Kolarov; 8-NAsri, 42-Yaya Toure, 14-Garcia, 21-Silva; 10-Dzeko 9-Negredo,
Pelatih: Manuel Pellegrini

Barcelona (4-3-3): 1-Valdes (PG); 22-Alves, 3-Pique, 14-Mascherano, 18-Alba; 8-Iniesta, 16-Busquets, 4-Fabregas; 9-Sanchez, 10-Messi, 11-Nerymar
Pelatih: Gerardo Martino

BACA JUGA: Bobol Gawang Persija, Bepe Minta Maaf

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebobolan Duluan, Pemain Persib Panik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler