Ramalan cuaca menunjukkan suhu udara akan meningkat di sejumlah kawasan di Victoria, termasuk di kawasan Wye River dan Seperation Creek yang telah terbakar hingga 2.800 hektar sejak Hari Natal (25/12) lalu.

Pemerintah negara bagian Victoria dan pihak berwenang tengah bersiap menghadapi resiko kebakaran hutan yang akan meningkat dalam beberapa hari ke depan.

BACA JUGA: Ini Dia 10 Film yang Paling Banyak Diunduh Secara Ilegal Sepanjang 2015

Berdasarkan ramalan cuaca, suhu udara di kota Melbourne dan sekitarnya akan memuncak dengan suhu di atas 39 derajat Celcius di Melbourne pada malam tahun baru mendatang.

Cuaca panas akan dialami selama minggu pertama bulan Januari dengan suhu di atas dua puluhan derajat Celcius selama lima hari.

BACA JUGA: Tengkorak dari Pemakaman Kuno Ungkap Pola Migrasi Penduduk Polinesia

Hingga kini petugas pemadam kebakaran masih terus berupaya memadamkan api di kawasan Wye River dan Seperation Creek. Sekitar 116 rumah terbakar pada Hari Natal lalu (25/12).

Api telah menyebar dan membakar sekitar 500 hektar dalam beberapa hari terakhir. Total luas kebakaran kini telah mencapai 2.800 hektar.

BACA JUGA: Berpotensi Diare, Warga Australia Selatan Diminta Jauhi Kolam Renang Umum

Komisaris dari Layanan Darurat, Craig Lapsley, mengatakan banyak ranting-ranting dan dedaunan kering yang dapat memicu kebakaran di hutan-hutan yang lebat dan sulit untuk diakses.

"Sekarang kami mendapat tekanan dari suhu dan angin di kawasan Kennett River, Gray River, dan Skenes Creek, bahkan Apollo Bay akan berasap jika api menjalar," katanya.

Ia juga menyatakan bersyukur karena hanya ada 500 orang di kawasan Wye River pada Hari Natal saat kebakaran terjadi. Menurutnya, jika sehari setelahnya atau Boxing Day, maka diperkirakan orang yang berada di kawasan tersebut bisa mencapai lebih dari seribu orang.

Petugas unit darurat rencananya akan mengadakan pertemuan dengan warga soal bahaya kebakaran yang akan masih akan terjadi.

Pertemuan masyarakat sedang digelar hari ini di sepanjang Pantai Surf untuk singkat penduduk pada periode bahaya kebakaran datang.

Lapsey menambahkan upaya yang bisa dilakukan oleh warga adalah untuk meninggalkan kawasan lebih awal.

Warga juga dihimbau untuk tetap dapat menikmati kawasan pariwisata di Victoria dan malam tahun baru, tetapi dengan meningkatkan kewaspadaan soal resiko kebakaran yang tinggi.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditemukan Jenis Kanker Kedua yang Ancam Kelestarian Tasmanian devil

Berita Terkait