Resmi Beroperasi, Bus Trans Padang Dilengkapi Teknologi Canggih

Jumat, 08 Juli 2022 – 18:28 WIB
Bus Trans Padang dengan rute Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol-Indarung, Sumatra Utara resmi beroperasi pada Jumat (8/7). Foto: TKDN

jpnn.com, PADANG - Bus Trans Padang dengan rute Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol-Indarung, Sumatra Utara, resmi beroperasi pada Jumat (8/7).

Layanan transpotasi di Kota Padang itu makin canggih karena dilengkapi dengan perangkat Internet of Things TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet yang bisa meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

BACA JUGA: Hino Klaim Teknologi Ini Bikin Mesin Bus R260 Aman Digeber di Tol Trans Jawa 

Peluncuran transportasi itu diselenggarakan di GSG PT Semen Padang.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Direktur TKDN, David Santoso, Wali Kota Padang, Hendri Septa, Kadishub Kota Padang, Yudi Indra Sani dan Plt. Direktur Utama Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Rico Rahmadian Albert.

BACA JUGA: Bus Trans Patriot Ditargetkan Bisa Angkut 80 Orang Tiap Perjalanan

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan koridor V ini sediakan 10 unit bus Trans Padang.

Dia menyebut layanan transpotasi umum itu akan terus ditambah demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA: Bus Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya, Berapa Harga Tiketnya?

"Kami tambah untuk memaksimalkan pelayanan transportasi publik," kata Hendri Septa dalam siaran persnya, Jumat.

PT. TKDN bersama dengan Operator BUMD Padang Sejahtera Mandiri (PSM) melakukan kerja sama untuk penyediaan perangkat telematika berbasis IoT (TAM Fleet) di armada Trans Padang, beberapa alat IoT.

Adapun perangkat yang disematkan pada bus tersebut di antaranya MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Rearcam dan Blackbox.

"Kami bekerja sama dengan operator Trans Padang untuk alat-alat Internet of Things TKDN Advance Mobility (TAM) Fleet, yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi yang terbukti meningkatkan keselamatan armada," kata Presiden Direktur TKDN David Santoso.

Kedua pihak sepakat untuk melakukan kerja sama selama 1 tahun untuk perangkat IoT TAM Fleet dan termasuk layanan platform fleet management system untuk pengawasan dan dashboard laporan perjalanan armada.

Selain kerja sama dengan operator Trans Padang, PT TKDN juga melakukan baru saja menjalin kemitraan dengan Perum PPD.

“Sesuai komitmen kami, akan terus fokus dan mendorong dunia transportasi lebih baik kedepannya dengan membawakan teknologi terkini khususnya di transportasi darat,” kata David Santoso.

Trans Padang beroperasi setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB dengan tarif Rp 1.500 untuk anak-anak dan orang dewasa dikenakan Rp 3.000. (ddy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenhub Luncurkan Bus Trans-Jawa Pada 27 Mei


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler