Resmikan Masjid Harfin Baitus Salam, Bamsoet Singgung Kemerosotan Moral Generasi Muda

Senin, 22 Mei 2023 – 21:54 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (mengunting pita) saat meresmikan Masjid Harfin Baitus Salam yang berada di lingkungan kampus Universitas Perwira Purbalingga, Senin (22/5). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, PURBALINGGA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyoroti terjadinya kemerosotan moral atau demoralisasi generasi muda akhir-akhir ini.

Persoalan tersebut disampaikan Bamsoet yang akrab disapa saat meresmikan Masjid Harfin Baitus Salam di Universitas Perwira Purbalingga (Unperba), Senin (22/5).

BACA JUGA: Soal Koalisi, Bamsoet Sampaikan Pesan Begini kepada Kader Golkar

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila itu menyampaikan dewasa ini pembangunan karakter bangsa semakin terasa penting dan krusial, khususnya bagi generasi muda.

Pasalnya, derasnya arus globalisasi, di satu sisi mendorong beberapa kemajuan material, namun di sisi lain juga menghadirkan berbagai dampak dan tantangan.

BACA JUGA: Ketua MPR Bamsoet Tegaskan Pemicu Polarisasi Tidak Boleh Terjadi Lagi di Pemilu 2024

"Salah satunya adalah demoralisasi generasi muda bangsa. Ini tergambar dari maraknya keterlibatan generasi muda dalam berbagai aksi kriminalitas, anarkisme dan vandalisme, perilaku seks bebas, hingga penyalahgunaan narkoba," beber Bamsoet.

Bamsoet juga merasakan mulai memudarnya identitas dan jati diri keindonesiaan.

BACA JUGA: Ketua MPR Bamsoet Ingatkan Ancaman Kemerosotan Moral Generasi Muda Sudah di Depan Mata

"Nilai-nilai kearifan lokal, seperti sopan santun, keberadaban sikap dan perilaku, mulai tergerus dan terpinggirkan oleh gaya hidup hedonis, individualis, egois, dan pragmatis," ungkap Bamsoet.

Karena itu, Bamsoet menyampaikan apresiasi atas kehadiran masjid di kampus Unperba tersebut lantaran merupakan bagian dari implementasi amanat konstitusi.

Dia menyampaikan Pasal 31 Ayat (3) UUD 1945 menegaskan bahwa dalam kerangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sistem pendidikan nasional diselenggarakan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta akhlak mulia.

Amanat konstitusi tersebut dimaknai bahwa tujuan penyelenggaraan pendidikan tidak hanya sekadar untuk melahirkan sumber daya manusia yang cerdas dan terampil saja, tetapi juga berkarakter dan berakhlak mulia.

"Semoga Masjid Harfin Baitussalam dapat membuat aman dan nyaman suasana di sini, dan bisa berkontribusi besar terhadap peningkatan iman dan takwa keluarga besar civitas akademika Unperba," harap Bamsoet.

Masjid Harfin Baitus Salam merupakan masjid bantuan Yayasan Harfin Gosari Gresik.

Bangunan masjid terdiri dari dua lantai, dengan menara dan kubah yang penuh nilai estetika.

Masjid dengan luas sekitar 120 meter persegi itu didominasi warna putih dan di padukan dengan lantai keramik berwarna krem.

Peresmian Masjid Harfin Baitussalam ditandai penandatanganan berita acara serah terima masjid dari Ketua Umum Yayasan Harfin Gosari Gresik Deddy Harnoko Sucahyo kepada Bambang Soesatyo selaku Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Unperba.

"Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya tingginya kepada Ketua Umum Yayasan Harfin Gosari Gresik, Bapak Deddy Harnoko Sucahy atas bantuan dan dukungan yang diberikan sehingga kampus UNPERBA saat ini memiliki Masjid Harfin Baitus Salam," ucap Bamsoet.

Bamsoet berharap sesuai nama yang disematkan diharapkan masjid ini menjadi 'rumah keselamatan' bagi keluarga besar kampus Unperba maupun masyarakat umum.

Hadir pada acara tersebut, antara lain Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Rektor Unperba Eming Sudiana, Ketua Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga Wisnudi Bargowo.

Kemudian hadir juga Ketua Umum Yayasan Harfin Gosari Gresik Deddy Harnoko Sucahyo, Ketua Yayasan Ali Network Indonesia Ali Sun Geun, Wakil Ketua DPRD Purbalingga Tenny Juliawaty, serta Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler