RI-AS Siap Bahas Peningkatan Perdagangan dan Investasi

Senin, 10 Mei 2010 – 17:47 WIB

JAKARTA-– Menteri Perdagangan Amerika Serikat Gary Locke menerangkan bahwa pihaknya akan melakukan kunjungan ke Indonesia  pada 25-26 Mei 2010 bersama rombongan pengusaha terpilih dari AS dalam misi perdagangan pertama tingkat kabinet pemerintahan Presiden Obama.

"Tujuan kunjungan ini adalah memperdalam kemitraan dan pertukaran perdagangan dan teknologi yang mengarah kepada peningkatan perdagangan dan investasi dalam pembangunan energi bersih," ujar Menteri Perdagangan Amerika Serikat Gary Locke di dalam rilisnya kepada JPNN, Jakarta, Senin (10/5).

Dikatakan, dengan tujuan membangun landasan yang kokoh bagi Prakarsa Ekspor Nasional yang dicanangkan Presiden Obama dan komitmennya untuk menciptakan kemitraan yang substantif dengan negara-negara perekonomian yang tumbuh pesat seperti Indonesia, pihaknya juga  akan bekerjasama dengan para pejabat pemerintah Indonesia dan pihak swasta.

Menurutnya, hal ini  untuk memajukan perdagangan kedua negara dan membuka jalan bagi kunjungan Presiden Obama ke Jakarta mendatang di mana  akan menandai babak baru perdagangan dan kemitraan AS dengan Indonesia

Mendag Locke menerangkan, bersama stafnya akan  memimpin beberapa perusahaan Amerika dalam sebuah misi energi bersih guna menjamin komitmen mendalam AS dari pemerintahan Obama bagi negera-negara perekonomian berkembang di AsiaSelain itu, mengimbau negara penyelenggara membuka pintu mereka bagi para mitra AS yang terpercaya yang dapat membantu menciptakan lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi dan lingkungan hidup yang lebih baik di negara mereka masing-masing.

Untuk diketahui, delegasi akan berada di Jakarta dan disambut  Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, yang kemudian  melakukan pertemuan dengan para menteri Indonesia, pimpinan legislatif, dan perwakilan dari sektor swasta.

Rombongan juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden SBY yang merupakan sosok pendukung energi yang bersih dan aman untuk masa depan Indonesia serta mendukung kemitraan strategis yang penuh arti dengan AS

BACA JUGA: Asuransi TKI Banyak yang Bermasalah

Kelompok ini juga akan disambut oleh Kamar Dagang Indonesia, Kamar Dagang Amerika Serikat dan Duta Besar AS serta Universitas Indonesia.

Berbicara mengenai misi ini, Mendag Locke menambahkan, masa depan perekonomian Amerika akan bergantung pada seberapa baik ia dapat bersaing untuk memenuhi tuntutan global yang semakin tinggi terhadap energi bersih pada abad ke-21
"Para delegasi bisnis yang ikut dengan saya dalam misi perdagangan ini mengerti pentingnya persaingan global tersebut,” tukasnya.

Locke mencatat bahwa Indonesia menjadi mitra kunci bagi perusahaan AS yang siap untuk bersaing di bidang energi bersih dan sektor efisiensi energi dan memperoleh manfaat bersama di wilayah Asia

BACA JUGA: Ekonomi Indonesia Meningkat 5,7 Persen

BACA JUGA: Ekonomi Membaik, Meski Tanpa Sri Mulyani

(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Industri Otomotif Diminta Libatkan SMK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler