Ribuan e-KTP Tercecer, Begini Respons Ketua DPR

Rabu, 12 September 2018 – 23:32 WIB
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat menerima Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di ruang kerja Pimpinan DPR RI, Jakarta, Jumat (6/4). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menindaklanjuti temuan tentang kurang lebih  2.800 kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dalam kardus yang tercecer di Cikande, Kabupaten Serang, Banten. Menurutnya, kementerian pimpinan Tjahjo Kumolo itu harus segera menyampaikan klarifikasi mengenai penyebab ribuan e-KTP bisa tercecer hingga ditemukan warga.

“Mendorong Kemendagri untuk meminta penjelasan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serang mengenai penyebab tercecernya e-KTP tersebut dan segera memusnahkannya,” ujar Bamsoet -panggilan akrabnya- melalui pesan singkat, Rabu (12/9).

BACA JUGA: Tjahjo: PAW Masal Anggota DPRD Malang Langkah Tepat

Bamsoet menambahkan, kasus tersebut harus jadi perhatian serius Kemendagri dan Polri. Jika perlu, kata Bamsoet, Polri segera mengusutnya.

“Karena e-KTP ini rentan disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab,” ujar mantan ketua Komisi III DPR itu.

BACA JUGA: Bamsoet Minta KPU Sisir Data Pemilih Ganda

Legislator Partai Golkar itu juga meminta Kemendagri bergerak cepat dengan memerintahkan Disdukcapil Kabupaten Serang segera memusnahkan ribuan e-KTP rusak atau yang tak terpakai. “Dan jangan sampai hal serupa terulang,” katanya.

Menurut Bamsoet, hal lain yang perlu diantisipasi adalah potensi e-KTP rusak saat dicetak. Oleh karena itu Bamsoet meminta Kemendagri memastikan fasilitas perekaman data kependudukan lainnya di Disdukcapil setiap daerah di Indonesia, tersedia dan dapat berfungsi dengan baik.

BACA JUGA: Bamsoet Happy Rumahnya Jadi Tempat Pelukan Erick - Sandi

“Ini demi meminimalisasi kerusakan yang terjadi pada saat perekaman ataupun pencetakan e-KTP,” pungkasnya.(jpg/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tjahjo Yakin DP4 Kemendagri Sudah Sempurna


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler