Ribuan e-KTP Tercecer, Ternyata Hasil Penyidikannya Begini

Senin, 28 Mei 2018 – 14:05 WIB
Hasil penyelidikan kasus e-KTP di kantor Polisi Resort Bogor. (Foto: elfany/jpnn)

jpnn.com, BOGOR - Kapolres Bogor AKBP AM Dicky menerangkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan mendalam atas temuan ribuan KTP elektronik (e-KTP) yang tercecer di Jalan Raya Salabenda, Bogor, pada Sabtu (26/5) lalu.

Menurut dia, mengusut temuan itu para penyidik sudah melakukan pemeriksaan kepada 17 orang saksi.

BACA JUGA: Ribuan E-KTP Tercecer di Jalan Bukan dari Karung

“Kami lakukan pendalaman ada 17 orang yang diperiksa. Mereka ada staf Ditjen Dukcapil Kemendagri, sopir yang membawa truk muatan e-KTP dan warga sekitar,” kata Dicky dalam keterangannya, Senin (28/5).

Menurut Dicky, ribuan e-KTP itu kini sudah berada di Gudang Kemendagri, Sempak, Kemang, Bogor. Dia menambahkan, e-KTP itu adalah inventaris Ditjen Dukcapil yang rusak. “Pemindahan barang inventaris ini dilengkapi dengan dokumen surat jalan resmi,” imbuhnya.

BACA JUGA: Sejumlah Kejanggalan Kasus Ribuan e-KTP Tercecer di Jalan

Selain e-KTP, ada beberapa inventaris lain seperti meja, kursi, lemari, dan barang tak terpakai lainnya. Sementara itu, untuk e-KTP rusak dikarenakan pencetakan tidak sempurna, material e-KTP rusak, kesalahan input data hingga chip tak terbaca.

“Jadi kesimpulannya pemindahan ini resmi. Untuk penyebab e-KTP bisa tercecer karena kurang pas saat diletakan di bak truk,” tambah Dicky.

BACA JUGA: Ribuan E-KTP Tercecer, Mendagri Sebut Ada Upaya Sabotase

Perwira menengah itu juga memastikan, dari penyelidikan tak ditemukan perbuatan melawan hukum. Sehingga masyarakat diminta jangan terpancing dengan isu-isu liar yang beredar. (mg1/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kasus Temuan Ribuan e-KTP Segera Dirilis


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler