Ribuan Napi Lapas Narkotika Jakarta Khusyuk Tunaikan Salat Iduladha

Kamis, 29 Juni 2023 – 09:07 WIB
Ribuan napi di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Jatinegara, Jakarta Timur menunaikan Salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ribuan narapidana (napi) di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Jatinegara, Jakarta Timur menunaikan Salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6).

Sejak Kamis pagi, 2.865 napi berbondong-bondong keluar dari sel tempatnya menjalani masa hukuman untuk menunaikan Salat Iduladha di lapangan lapas.

BACA JUGA: Petugas Terkecoh Atas Kaburnya Napi di Rumah Sakit

Para napi itu terlihat membaur bersama petugas Lapas Narkotika jajaran Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Jakarta yang juga turut menunaikan Salat Iduladha 1444 Hijriah.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta Fonika Affandi mengatakan Iduladha 1444 Hijriah merupakan momentum bagi para WBP untuk memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan.

BACA JUGA: 13 Napi Lapas Tulungagung Dipindah ke Luar Daerah

"Tetap istikamah, apalagi ini adalah hari yang baik dan kita semuanya sama-sama belajar. Belajar menahan hawa nafsu, kita semuanya sama-sama belajar," kata Fonika, Kamis (29/6).

Dia berharap dengan momen Iduladha 1444 Hijriah ini para narapidana dapat mengikuti seluruh program pembinaan yang diberikan petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta.

BACA JUGA: Kronologi Preman Mati di Tangan Sopir Truk, Seorang Pelaku Terbirit-birit

Tujuannya, ketika masa hukuman dijalani usai para narapidana dapat kembali diterima di masyarakat, tidak lagi berulah dan harus berhadapan dengan aparat penegak hukum.

"Harus tetap menjalani apa yang wajib dan itu harus diterima dengan hati sabar. Kalau kita dengarkan khotbah dari pak kiai tadi segala sesuatu hanya ujian, mungkin mereka ujiannya seperti ini," lanjutnya.

Fonika menyebutkan pada pelaksanaan Iduladha 1444 Hijriah pihaknya turut melakukan pemotongan sebanyak delapan ekor sapi dan 21 ekor kambing di lapangan Lapas Narkotika.

Daging hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada WBP di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta untuk disantap bersama, serta warga Kecamatan Jatinegara yang bermukim di sekitar lapas.

"Makna berkurban ini tadi pak kiai intinya ialah kembali kepada kebaikan kita sendiri. Jadi, alhamdulillah setelah Salat Iduladha ini akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban," kata Fonika. (mcr8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemendikbudristek Serius Menuntaskan P1 ke PPPK, Ketum Guru Lulus PG Tunjukkan Buktinya


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler