Ride for Indonesia, Ikhtiar WNI di Inggris Bantu Korban Pandemi dengan Bersepeda

Minggu, 12 September 2021 – 23:49 WIB
Sejumlah WNI di Inggris yang melakukan aksi Ride for Indonesia dalam rangka menggalang dana untuk membantu korban pandemi Covid-19 di Tanah Air. Foto: dokumentasi Ride for Indonesia

jpnn.com, LONDON - Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) di Inggris menggalang dana untuk membantu para korban pandemi Covid-19 dengan cara bersepeda.

Nantinya, dana yang terkumpul akan disumbangkan ke Tanah Air.

BACA JUGA: Mohon Dukungan & Doa, WNI di Inggris Berikhtiar Bangun Masjid Pertama Indonesia di London

Melalui kegiatan bertitel Ride for Indonesia, beberapa WNI bersepeda dari London menuju kota-kota lain di Inggris. Kegiatan itu telah dimulai pada 28 Agustus 2021 dengan mengambil rute London London-Brighton yang jaraknya sekitar 60 mil.

Pada Sabtu (11/9), Ride for Indonesia mengambil rute London-Cambridge. Dengan mengambil titik start di Regent’s Park di pusat London, rombongan pegowes Ride for Indonesia menempuh jarak sekitar 100 kilometer dan mencapai finis di taman kota Cambridge.

BACA JUGA: Hamdalah, Bos Brompton Ikut Galang Dana untuk Masjid Indonesia di London  

“Ini adalah salah satu wujud dari solidaritas kami untuk turut berkontribusi dalam membantu saudara-saudara di Indonesia yang terdampak oleh pandemi,” kata Eastman Rivai selaku penggagas Ride for Indonesia dalam siaran pers ke JPNN.com.

Menurut Eastman, kegiatan itu bukan hanya untuk amal. "Kami juga ingin mengenalkan Indonesia melalui kegiatan bersepeda mingguan ini," tuturnya.

BACA JUGA: Ada Sosok Misterius Sumbangkan Rp 200 Juta untuk Bangun Masjid Indonesia di London

WNI lainnya yang menjadi peserta Ride for Indonesia, Syaifuddin Ismail, mengaku senang bisa ambil bagian dalam kegiatan itu.

“Senang karena kegiatan bersepeda yang kami lakukan secara rutin bisa menjadi medium penggalangan dana,” kata Syaifuddin.

Peserta lainnya, Hendra Sjamsir, mengaku sudah lama tidak bersepeda jarak jauh. Namun, dia termotivasi mengikuti Ride for Indonesia yang mengusung misi mulia.

"Kegiatan ini bertujuan bagus, saya merasa termotivasi untuk bisa berpartisipasi dengan jarak yang lebih jauh di masa datang,” kata Hendra.

Kota lain di Inggris yang akan menjadi tujuan Ride for Indonesia ialah Oxford dan Bristol. Penggagas kegiatan itu juga akan menyasar kota-kota lain di Eropa daratan, antara lain, Paris dan Amsterdam. 

Inisiator Ride for Indonesia menggandeng Human Aid Initiative (HAI) dan menggunakan platform donasi crowdfunding di Inggris maupun Indonesia. HAI merupakan organisasi amal yang didirikan masyarakat Indonesia di Inggris.

Organisasi itu telah terdaftar resmi di Charity Commission yang aktif menyalurkan bantuan kemanusiaan dan sosial di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Namun, khusus donasi Ride for Indonesia akan disalurkan melalui program Food Aid berupa pemberian paket makanan pokok bagi masyarakat yang paling terdampak di Indonesia. 

"Kami sekadar berikhtiar. Semoga banyak yang terketuk membantu saudara-saudara di Tanah Air yang sangat merasakan efek pandemi," ujar Wahyu Hansudi, perantau asal Blitar yang juga salah satu pegiat Ride for Indonesia.(ara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wahyu Hansudi, Perantau Asal Blitar Pemandu Wisata di Inggris Raya


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler