Ridwan Kamil: Sepak Bola Indonesia Didominasi Suporter yang Gampang Emosi

Rabu, 28 Oktober 2015 – 12:28 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku miris melihat prestasi sepak bola Indonesia yang masih minim. Hal itu diperparah dengan ulah para suporter yang mengedepankan kebencian dan kekerasan. Citra sepak bola semakin buruk di mata masyarakat.

"Sepak bola Indonesia kan prestasinya pas-pasan. Masa yang muncul berita kayak gitu (para suporter rusuh-red). Harusnya kan yang diangkat itu yang bagus-bagus soal prestasi. Bukan sebaliknya. Para pendukung ini seharusnya ikut membantu," ujar Ridwan saat menjadi bintang tamu di acara Live With Trio Lestari, Selasa (27/10) malam.

BACA JUGA: Rossi: Sanksi Ini Tidak Adil

Pria yang disapa Kang Emil itu berharap agar prestasi sepak bola tidak dicederai dengan ulah para pendukung. Jangan sampai pendukung yang benar-benar mencintai sepak bola tergerus dengan ulah segelintir oknum tidak bertanggungjawab.

"Sepak bola begitu dicintai semua lapisan usia. Tapi lebih didominasi lelaki berusia tanggung yang gampang tersulut emosi. Nanti kalau dia berbuat macem-macem, yang kena dampaknya kan suporter yang tertib. Makanya itu jangan sampai dirusak dengan ulah-ulah pendukung yang tidak bertanggungjawab," harap alumnus ITB ini.

BACA JUGA: Atep: Piala Presiden Selesai, Selanjutnya Apa?

Sementara terkait sekjen Jakmania yang ditangkap polisi karena diduga menjadi provokator, Kang Emil berharap kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak.

"Saya kira ini pelajaran buat kita semua, kecintaan dia sama bola jangan sampai melebihi kebencian sama orang lain, yang akhirnya menyulut perseteruan. Jangan kayak gitu lah," kata bapak dua anak ini. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Rio Haryanto Didesak untuk Segera Setor Rp 222 Miliar!

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terbongkar! Ini Yang Bikin Bomber Andalan Inter Mandul


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler