Risma Masuk Pengurus Pusat PDIP, Megawati: Ajaib Juga

Sabtu, 10 Agustus 2019 – 16:34 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, DENPASAR - Sejumlah wajah baru menghiasi kepengurusan DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024. Salah satu yang masuk dalam kepengurusan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu adalah Tri Rismaharini.

Megawati menunjuk kader partainya yang juga wali kota Surabaya itu sebagai ketua DPP PDIP bidang kebudayaan. Presiden Kelima RI itu mengaku terkejut karena Risma bersedia menjadi anak buahnya di DPP PDIP.

BACA JUGA: Yasonna Laoly Gantikan Posisi Trimedya Panjaitan di DPP PDIP

"Saya pikir ajaib juga, kok mau, ya? Orangnya saat ini sedang membongkar sekolah. Ketua DPP bidang kebudayaan adalah Tri Rismaharini," kata Megawati saat mengumumkan kepengurusan partainya dalam Kongres V PDIP di Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (10/8).

BACA JUGA: Ini Susunan Pengurus DPP PDI Perjuangan 2019-2024

BACA JUGA: Demokrat: Di Era SBY Tidak Ada yang Minta-Minta Jatah Menteri

Selain Risma, ada pula nama baru yang masuk ke struktur DPP PDIP, yakni Bambang Wuryanto. Politikus asal Jawa Tengah yang akrab disapa dengan panggilan Bambang Pacul itu dipercaya menjadi ketua DPP PDIP bidang pemenangan pemilu.

Megawati juga memasukkan Yasonna H Laoly dalam kepengurusan DPP PDIP. Yasonna menjadi pengganti Trimedya Panjaitan di kursi ketua DPP PDIP bidang hukum, hak asasi manusia dan perundang-undangan.

BACA JUGA: Gerindra Bakal Undang Megawati Saat Rakernas, Jokowi juga?

Meski memasukkan nama-nama baru, Megawati mempertahankan dua anaknya di kepengurusan DPP PDIP. Megawati menunjuk putranya, M Prananda Prabowo menjadi ketua DPP PDIP bidang UMKM, ekonomi kreatif dan ekonomi digital.

Satu lagi anak Megawati yang duduk di DPP PDIP adalah Puan Maharani. Posisi Puan adalah ketua DPP PDIP bidang pemerintahan, pertahanan dan keamanan.

BACA JUGA: Sambil Menunjuk Gambar Prabowo, Megawati: Ini Foto Favorit Saya

Di kepengurusan DPP PDIP 2019-2024 ada posisi baru, yakni ketua bidang luar negeri. Posisi itu dipercayakan kepada Ahmad BAsarah yang sebelumnya menjabat wakil sekretaris jenderal PDIP.

"Mesti bisa bahasa Inggris. Kalau tak bisa, mesti belajar," kata Megawati.(tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Sinyal dari Presiden Jokowi untuk Megawati, Maknanya Cukup Dalam


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler