Robot Guru yang Bisa Marah

Kamis, 12 Maret 2009 – 14:10 WIB
TOKYO - Sensasi beda dirasakan oleh sejumlah siswa sekolah dasar di Tokyo, Jepang, ketika mereka diajar oleh robot pekan laluSeperti dilansir Telegraph, robot guru pertama di dunia itu tak beda jauh dengan guru sungguhan dalam hal ekspresi.

Meski hanya ciptaan Profesor Hiroshi Kobayashi, namun robot humanoid yang diberi nama Saya itu bisa tersenyum, takut, sedih, jijik, juga marah

BACA JUGA: Microsoft Serius Kembangkan Komputer Cerdas

Dengan lantang dia akan berteriak "diam", jika murid-murid gaduh.

Raut wajahnya pun menunjukkan roman berang
Alis terangkat, mata mendelik, dan bibir melebar

BACA JUGA: Kecil Kurang Bahagia, Saat Dewasa Bermasalah

Associated Press melaporkan kemarin, Rabu (11/3), aneka ekspresi itu bisa dilakukan berkat 18 motor yang berada di balik wajah lentur Saya nan cantik.

Memang tidak semua pekerjaan guru dapat dilakukan Saya yang bisa berbicara dalam beberapa bahasa tersebut
Kemampuannya baru sebatas antara lain memberikan tugas kepada siswa, serta mengabsen

BACA JUGA: Menristek: Teknologi Internet Manado Sangat Baik

Murid-murid yang diajar Saya pun terlihat asyik-asyik sajaMereka geli ketika namanya dipanggil oleh "guru tiruan" itu.

Robot humanoid tersebut semula dikembangkan untuk menggantikan tugas sekretaris, dengan tujuan untuk memangkas biaya perusahaan, namun tetap dapat melakukan interaksi personalNah, dalam perkembangannya, ternyata Kobayashi yang menjadi ilmuwan di University of Tokyo itu, melihat kebutuhan di bidang lainDengan biaya USD 51 ribu (sekitar Rp 612 juta), terciptalah robot guru.

Negeri Matahari Terbit memang gencar menciptakan robotPemerintah pun sangat mendukung, karena memang kehadiran manusia buatan itu sangat diperlukanIni seiring dengan demografi penduduk Jepang yang menunjukkan "piramida sepuh".

Diprediksi, dalam kurun tujuh tahun mendatang, satu dari empat warga Jepang adalah kelompok usia 65 tahun ke atasIni artinya, kelak mereka akan kesulitan untuk merekrut pekerja, dan gaji karyawan pun membumbungSebelum 2015, pemerintah menginginkan kehadiran robot pintar di setiap rumah warga(hep/ami)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Musik dapat Pengaruhi Perilaku Seks Remaja


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler