Ronnie Terbaik, Neymar Urung Hat-trick

Kamis, 02 Januari 2014 – 08:17 WIB
Ronaldinho. Foto: Soccerlens

jpnn.com - MONTEVIDEO - Ronaldinho memang gagal memungkasi 2013 dengan happy ending. Yakni, ketika bintang 33 tahun Brasil itu hanya mampu membawa Atletico Mineiro finis ketiga dalam ajang Piala Dunia Antarklub di Maroko pada 11-21 Desember lalu.

Namun, kegagalan itu mungkin terobati di awal 2014 karena Ronnie - sapaan akrab Ronaldinho - ditahbiskan sebagai pemain terbaik Amerika Latin 2013. Kontribusi Ronnie membawa Mineiro meraih Copa Libertadores untuk kali pertama sepertinya menjadi alasan dirinya terpilih.

BACA JUGA: Empat Penggawa Timnas U-23 Menuju Surabaya

Dalam award yang dipresentasikan koran berpengaruh Uruguay, El Pais, Ronnie meraih suara terbanyak, 156. Pemain terbaik Eropa dua kali (2004 dan 2005) itu mengungguli bintang Barcelona sekaligus pemenang dua edisi sebelumnya, Neymar, yang hanya meraih 81 suara.

Eks winger Atletico Madrid dan Liverpool yang kini membela Newell"s Old Boy, Maxi Rodriguez, melengkapi tiga besar dengan 79 suara.
 
Bagi Neymar, gagal memenangi award tahun ini berarti gagal menyamai rekor milik bintang Argentina Carlos Tevez dan legenda Cile Elias Figueroa. Keduanya pernah meraih hat-trick penghargaan. Tevez pada 2003-2005, sedangkan Figueroa pada 1974-1976.
 
Kegagalan Neymar juga diikuti pelatih Barca - sebutan Barcelona- asal Argentina, Gerardo "Tata" Martino. Tata harus merelakan predikat pelatih terbaik kembali dimenangi Jose Pekerman, pelatih timnas Cile sekaligus kompatriotnya. Tata bahkan finis ketiga di belakang kompatriotnya yang lain, Jorge Sampaoli, yang membesut timnas Cile.
 
Selain meraih predikat pemain terbaik Latin, Ronnie juga masuk Dream Team atau tim terbaik. Para pemain Minerio mendominasi karena juga ada rekan setimnya seperti bek kanan Marcos Rocha, defender Rever, serta striker Jo. Tak ketinggalan Bernard yang musim panas lalu diboyong Shakhtar Donestk.
 
Capaian Ronnie seakan bukti bahwa mantan bintang PSG, Barcelona, dan AC Milan itu masih belum habis. Itu juga dibuktikan dengan munculnya ketertarikan klub raksasa Turki, Besiktas, untuk merekrut Ronnie.
 
Sebagai catatan, kontrak Ronnie dengan Mineiro sudah jatuh tempo akhir 2013. Media-media Turki mengabarkan, Besiktas langsung bergerak cepat dengan menemui saudara sekaligus agen Ronnie, Roberto Assis.

BACA JUGA: Persib Yakin, Persiba Pasrah

"Kami serius ingin mendatangkan Ronaldinho," kata petinggi Besiktas Ahmet Kavalci seperti dilansir Tribalfootball.
 
Hanya, gaji selangit Ronnie memberi kendala bagi Besiktas. Itulah sebabnya, klub kolektor 13 gelar Super Lig Turki itu tengah mencari sponsor untuk membantu menyokong bayaran Ronnie. (dns)

 Terbaik Amerika Latin (5 Tahun Terakhir)
 Pemain
 2013: Ronaldinho (Brasil/Klub Atletico Mineiro)
 2012: Neymar (Brasil/Santos)
 2011: Neymar (Brasil/Santos)
 2010: Andres D"Alessandro (Argentina/Internacional)
 2009: Juan Sebastian Veron (Argentina/Estudiantes)
 
 Pelatih
 2013: Jose Pekerman (Argentina/Timnas Kolombia)
 2012: Jose Pekerman (Argentina/Timnas Kolombia)
 2011: Oscar Tabarez (Uruguay/Timnas Uruguay)
 2010: Oscar Tabarez (Uruguay/Timnas Uruguay)
 2009: Marcelo Bielsa (Argentina/Timnas Cile)

BACA JUGA: Ronaldo Dikeroyok Lima Pemijat

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lewis Malah Pamer Foto Ski


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler