Sebuah rumah sakit di Ballarat, Victoria meminta maaf setelah seorang karyawan mengirim pemberitahuan kepada keluarga yang salah bahwa ayah mereka telah meninggal pada hari Sabtu (2/9/2017).Cucu laki-laki dari seorang pria berusia 83 tahun, yang tidak ingin diidentifikasi, mengatakan bahwa keluarga mereka telah sempat mengajukan pemberitahuan kematian di dua surat kabar sebelum Ballarat Heath Services - operator Rumah Sakit Base Ballarat – memberitahukan bahwa mereka telah melakukan kesalahan, dua hari kemudian.
"Kami semua masih shock, Kami sedang berada di rumah ibu untuk merayakan ulang tahun saya ketika kami mendapat berita kalau ayah kami telah meninggal dunia jadi ini adalah hari yang sangat berat," katanya.

"Kami mengira panggilan telepon itu semacam lelucon."

BACA JUGA: Survei Legalitas Pernikahan Gay Bisa Dilakukan di Australia

"Kami sudah mulai di selimuti perasaan berduka, perasaan ibu saya hancur."
Menteri Kesehatan Victoria, Jillian Hennessy mengatakan seorang anggota staf salah menyebut nama pasien dan menghubungi keluarga yang salah.
"Petugas kesehatan memberikan informasi yang sangat buruk dan tidak benar tentang pasien yang namanya mereka anggap telah mereka dengar dari keluarga pasien yang lain," kata Jillian Hennessy.
"Bila hal-hal seperti ini terjadi, Anda bisa mengajukan permintaan maaf, tapi permintaan maaf tidak mengembalikan keterkejutan dan penghinaan itu."
Jillian Hennessy mengatakan bahwa Pemerintah Negara Bagian Victoria tidak akan melakukan penyelidikan karena rumah sakit itu telah secara terbuka dan meminta maaf atas kesalahan tersebut.

"Sulit untuk memahami kemana lagi ini insiden semacam ini dapat dilanjutkan selain semua orang yang menawarkan permintaan maaf yang tulus," katanya.

BACA JUGA: Penjaga Bar Usia 93 Tahun Akhirnya Putuskan Pensiun

"Kami benar-benar percaya bahwa layanan kesehatan yang terlibat telah menerima tanggung jawab dari insiden ini, itu hanya salah satu dari hal-hal tersebut - sebuah kesalahan mengerikan dan mengerikan dengan konsekuensi yang sangat menghancurkan." Ajukan gugatan

Keluarga tersebut telah mengatakan kepada ABC bahwa pihaknya berencana untuk melakukan tindakan hukum terhadap penyedia layanan kesehatan.
"Kami semua sangat senang dia [ayah mereka] masih hidup, tapi kami ingin tahu bagaimana ini terjadi," cucu laki-laki itu berkata.
Dalam sebuah pernyataan, Ballarat Health Services mengatakan pihaknya tanpa syarat telah meminta maaf atas kesalahan tersebut dan akan terus memberikan dukungan kepada keluarga tersebut.

BACA JUGA: Tampilkan Dewa Ganesha, Iklan di Australia Dikecam

Kesalahan itu tidak disengaja dan segera setelah kekeliruan ini diketahui, keluarga tersebut dihubungi dan permintaan maaf diajukan.

Pihak rumah sakit juga telah melakukan tatap muka dengan keluarga untuk menjelaskan bagaimana kesalahan itu bisa terjadi.

Komisaris Keluhan Kesehatan Victoria, Karen Cusak mengatakan keluhan seperti ini jarang terjadi.
"Orang-orang berhak mengutarakan pendapat mereka dalam perawatan kesehatan dan keluhan mereka juga bisa menjadi sarana untuk membantu meningkatkan kualitas layanan," kata Cusak.
"Jadi itu yang harus diperhatikan oleh petugas kesehatan, keluhan ringan itu."

Diterjemahkan pada 7/9/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Musisi Adelaide Dukung Pernikahan Gay Lewat Lagunya

Berita Terkait