Rutan Bangil Sediakan Perpustakaan Keliling

Selasa, 29 Juni 2010 – 12:33 WIB
BANGIL - Penghuni rumah tahanan (Rutan) Bangil kini sedang bergembiraTerhitung mulai kemarin (28/6), mereka memperoleh fasilitas baru berupa perpustakaan keliling

BACA JUGA: Adik-Kakak Diperkosa Ayah Kandung

Sekitar pukul 09.30 WIB kemarin, perpustakaan keliling itu diresmikan di halaman gedung serba guna di rumah tahanan negara kelas II B itu
Total ada sebanyak 139 judul buku yang tersedia bagi warga binaan di Rutan.

Layanan perpustakaan keliling warga binaan Rutan itu disediakan atas kerjasama Rutan Bangil dengan kantor Perpusatakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan

BACA JUGA: Pingsan Saat Diinterogasi Polisi

"Ada 180 eksemplar dari 139 judul buku yang disediakan," ujar Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan pemkab Gunawan Wicaksono usai peresmian.

Bagian pembinaan Rutan Bangi Abdiellah pada Radar Bromo mengatakan, layanan perpustakaan keliling juga akan dilengkapi ruang baca di Rutan
Selain itu, pihaknya juga menyediakan tempat penyimpanan buku-buku dalam ruangan berukuran 3x4 meter.

"Selain menyediakan ruang baca yang ditempatkan di ruang serba guna, kami juga menyiapkan ruangan penyimpanan berukuran kurang lebih 3x4 meter," kata Abdiellah.

Dijelaskan Abdiellah, pemasyarakatan di Rutan tidak bisa dilakukan oleh Rutan sendiri

BACA JUGA: Siswi SMP Dihamili Ayah Kandung

Melainkan perlu partisipasi semua elemen masyarakatKe depan lanjut Abdiellah, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan pondok pesantren yang ada di sekitar Bangil.

Saat ini tambah Abdiellah, program pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan dilakukan setiap Senin dan Kamis dalam bentuk pengajianDengan perpustakaan keliling, diharapkan bisa menambah wawasan warga binaan.

"Biar saat keluar dari Rutan suatu saat nanti, ada tambahan wawasan yang didapatJadi, usaha pemasyarakatan di Rutan itu ada hasilnya," jelas AbdiellahSelain itu, dengan adanya perpusatakaan akan mengurangi kejenuhan warga binaan akibat banyak menganggur.

Untuk upaya yang terakhir, buku-buku pada perpustakaan keliling akan selalu diganti"Setidaknya seminggu sekali, mobil perpustakaan keliling akan datang ke Rutan dan mengganti buku-buku yanhg telah dibaca dengan buku-buku baru," terang Abdiellah.

Warga binaan pun merespon positif upaya iniAtim Indarto, salah satu warga binaan mengaku senang dengan layanan perpustakaan keliling ituSiang kemarin, dia dan warga binaan yang lain ramai-ramai mendatangi mobil perpustakaan keliling dan mencari judul buku yang mereka sukai(qb/aj/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bekuk Pengepul Judi Piala Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler