Ruudtje Tak Masuk Daftar Awal

Rabu, 05 Mei 2010 – 03:58 WIB
LATIHAN - Bert van Marwijk (dua dari kiri) bersama para pemain Oranje dalam salah sebuah sesi latihan menghadapi kualifikasi PD 2010 akhir tahun lalu. Foto ANP/Marcel Antonisse.
AMSTERDAM - Perjuangan Ruud van Nistelrooy menembus skuad timnas Belanda yang dibawa ke Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan (Afsel) bisa jadi sia-siaPasalnya, nama striker berusia 33 tahun itu tidak masuk dalam daftar 26 pemain yang dipanggil untuk latihan pertama pekan depan.

Berdasarkan daftar yang dirilis kemarin, pelatih Oranje - sebutan timnas Belanda - Bert van Marwijk hanya memanggil lima pemain depan

BACA JUGA: Bahayakan Peluang Xavi di PD

Mereka adalah penyerang Liverpool Ryan Babel dan Dirk Kuyt, Robin van Persie (Arsenal), Jeremain Lens (AZ Alkmaar), serta tandem Van Nistelrooy di Hamburg SV, Eljero Elia.

Yang dipanggil dalam sesi latihan tersebut memang tidak mencerminkan skuad Oranje yang sesungguhnya di Piala Dunia
Buktinya, pasangan gelandang Arjen Robben dan Mark van Bommel yang bermain di Bayern Munchen, plus playmaker Inter Milan Wesley Sneijder juga tidak masuk daftar.

Namun, ketiga pemain itu diyakini tak dipanggil lantaran sedang mempersiapkan diri terjun membela klub masing-masing di final Liga Champions

BACA JUGA: Del Bosque Peringatkan Matador

Kebetulan, Bayern bentrok dengan Inter dalam partai puncak kompetisi elit Eropa tersebut pada 22 Mei mendatang
Sementara Van Nistelrooy praktis tidak punya agenda lain, setelah Hamburg tersisih dari semifinal Europa League pekan lalu.

Tidak munculnya nama Van Nistelrooy jelas mengejutkan banyak kalangan

BACA JUGA: Capello Izinkan WAGs ke Afsel

Sebab, striker yang menyatakan pensiun usai Euro 2008 itu, menunjukkan peningkatan performa yang signifikan sejak pindah ke Hamburg Januari laluDengan seringnya jadi starter, penampilannya kini jauh lebih meyakinkan daripada enam bulan lalu, saat masih menjadi penghuni bangku cadangan Real Madrid.

Dalam 17 penampilan bersama Rothosen - sebutan Hamburg - di semua ajang, pemain yang akrab disapa Ruudtje itu mencetak enam golSalah satunya dicetak kala timnya menghancurkan Nurnberg dengan skor 4-0 akhir pekan laluKenyataannya, catatan itu tidak mengubah pikiran Van MarwijkDia sudah memutuskan, akan menggelar dua sesi latihan terpisah pekan depan tanpa Ruudtje.

Ruudtje sendiri pernah mengaku peluangnya menembus timnas di PD tahun ini tidak besar"Saya mestinya tidak pernah meninggalkan timnasKalau tahu begini, sulit untuk kembaliSaya harusnya tetap di sana meski karir di Real terancam," keluh Ruudtje dalam sebuah wawancara Maret lalu.

Di sisi lain, pemanggilan Lens dan defender belia Vurnon Anita (Ajax), membuat publik mengernyitkan keningDua anak muda tersebut belum pernah dipanggil timnas sebelumnya, dan tidak banyak berkontribusi buat timnya dalam pekan-pekan terakhir liga utama Belanda, Eredivisie.

Namun begitu, sebagaimana diberitakan AFP pula, Selasa (4/5) sore waktu setempat, Van Marwijk menyebutkan bahwa peluang Ruudtje sebenarnya sama sekali belum tertutup"Untuk Ruud, saya memberikan waktu bagi saya sendiri hingga 11 Mei untuk memutuskan," katanya kepada suratkabar De Telegraaf"Saya akan membiarkannya hingga tanggal itu untuk meyakinkan saya bahwa dia cukup fit untuk ikut serta di Piala Dunia," tambahnya.

Sesi kamp latihan pertama itu sendiri bakal berlangsung di Hoenderlo pada 10-14 MeiKemudian, direncanakan masih bakal ada pemusatan latihan kedua Oranje, yang bakal melibatkan para pemain yang masih harus memperkuat klubnya - seperti Robben, Van Bommel dan Sneijder - pada 19 hingga 31 Mei mendatang, di Austria.

"Para asisten pelatih dan saya sendiri telah sering menyaksikan Ruud bertanding belakanganKami merasa tidak ada gunanya memanggil dia di sesi latihan pertama ini, namun itu bukan berarti bahwa dia sudah dipastikan tak akan terlibat sama sekali," tegas Van Marwijk lagi(na/ito/jpnn)

26 Pemain Belanda yang Dipanggil
Kiper: Sander Boschker (FC Twente), Maarten Stekelenburg (Ajax), Piet Velthuizen (Vitesse), Michel Vorm (FC Utrecht)
Belakang: Khalid Boulahrouz (Stuttgart), Joris Mathijsen (Hamburg), Andre Ooijer (PSV Eindhoven), Giovanni van Bronckhorst (Feyenoord), Gregory van der Wiel (Ajax), Ron Vlaar (Feyenoord)
Tengah: Ibrahim Afellay (PSV Eindhoven), Vurnon Anita (Ajax), Otman Bakkal (PSV Eindhoven), Edson Braafheid (Celtic), Wout Brama (FC Twente), Demy de Zeeuw (Ajax), Orlando Engelaar (PSV Eindhoven), John Heitinga (Everton), Nigel de Jong (Manchester City), Stijn Schaars (AZ Alkmaar), David Mendes da Silva (AZ Alkmaar)
Depan: Ryan Babel (Liverpool), Eljero Elia (Hamburg), Dirk Kuyt (Liverpool), Robin van Persie (Arsenal), Jeremain Lens (AZ Alkmaar)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cassano Pilih Nikah Ketimbang Timnas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler