Saat Show Tak Ada yang Berani ke Kamar Kecil

Jumat, 21 November 2008 – 10:36 WIB
Kemewahan di lobi Hotel Venetian Makau. Foto: Sugeng Deas/JP

The Venetian memang dibangun untuk mewujudkan mimpi semua orangYang tua, muda, bahkan yang berkantong pas-pasan

BACA JUGA: Jalan Bertabur Emas Batangan, Lapis Kaca Tahan Peluru

Konsep pertunjukan yang disajikan juga fenomenal sehingga sulit dilupakan mereka yang pernah ke sana
Berikut penutup laporan NANY WIJAYA

BACA JUGA: Catatan Perjalanan ke Makau (2)



SEJAK seri kedua tulisan ini diturunkan, saya menerima banyak pertanyaan dari teman tentang apakah di Venetian juga ada tempat untuk dinikmati bersama anak-anak? Semula saya jawab tidak
Tetapi, kemudian saya sadar, Venetian menyediakan hampir semua keinginan para pengunjungnya

BACA JUGA: Catatan Perjalanan dari Makau (1)

Mulai yang muda, termasuk anak-anak, sampai yang tuaMulai back packer sampai yang sangat kaya.
Melihat kemewahan fasilitasnya, pasti semua mengira bahwa Venetian dibangun untuk yang kaya sajaTidakMeski semua kamar di hotel ini suites dan harga gantungan kuncinya tak lebih murah dari HK $5, itu tidak berarti para back packer akan diabaikan
Di bagian tengah Grand Shoppes ada semacam alun-alun, yang kiri-kanannya dibatasi kanal-kanal berair biru bening yang bisa dilalui gondolaDi situ selalu ada pertunjukan gratis yang sangat mewah dan mengesankan
Anda bisa datang ke tempat itu kapan sajaTetapi, yang terbaik adalah pukul 14.00 hingga 22.00Di situ digelar performans seniMisalnya, seni pantomim oleh seniman yang mengenakan pakaian serbaputih ala senator zaman Romawi kunoWajah diputihkan sehingga mirip patung-patung ciptaan Michaelangelo.
”Patung” ini biasanya tampil solo, sendirianDia akan berdiri diam di tempat yang telah disediakan, sampai banyak orang datang mengitarinyaKemudian, tiba-tiba dia melakukan gerakan-gerakan sebagai umumnya pantomimSemua orang akan bertepuk tangan dan melemparkan uang kecil mereka –baik yang berbentuk koin maupun lembaran– ke kaki si ”patung”.
Kalau Anda datang pada waktu yang tepat, di areal yang sama Anda bisa melihat mini konserAtau pergelaran tari dari Eropa atau ChinaAtau orang-orang berkostum ala selebriti di zaman Romawi kuno, yang kaum wanitanya mengenakan rok panjang bertumpuk-tumpuk dan bertopeng seperti di VenesiaSedangkan prianya mengenakan jubah panjang, topi lebar seperti yang dikenakan Johny Depp di film Pirates of the Carribean, dengan rambut panjang yang digulung-gulung.
Jika keberuntungan Anda lebih besar, Anda akan melihat resepsi pernikahan di tepi salah satu dari tiga kanal buatan yang dilewati gondolaAnda pun bisa melangsungkan pemberkatan nikah di situ kalau memang punya cukup duitCaranya, ya dengan booking tempat itu ke marketing Hotel Venetian.
Setelah pemberkatan nikah, biasanya pasangan pengantin turun ke kanal, ke gondola yang sudah menunggu bersama pengayuh yang ganteng dan tegap berbaju garis-garis hitam putih dengan sabuk merah yang khasSetelah beberapa kayuhan, sang pengayuh akan menyanyikan lagu-lagu klasik dengan lantangSuara mereka biasanya merdu sekaliSuasana itu dan lagu-lagu yang dinyanyikan para pengayuh gondola itu membuat saya –dan mereka yang pernah ke Venesia– merasa benar-benar kembali ke kota air yang terkenal romantis itu
Apa hanya pasangan pengantin yang boleh menikmati gondola itu? Pasti tidakSiapa pun, berapa pun besarnya rombongan Anda, pasti boleh naik gondolaYang penting, membayar tiket dan tidak lebih dari empat orang (tidak termasuk pengayuhnya) per gondola.
Turun dari gondola, Anda akan menerima suvenir berupa foto ketika Anda sedang di gondolaSuvenir itu diberikan cuma-cuma karena harganya sudah termasuk dalam tiket Anda.
Bagaimana bila Anda ingin memotret dengan kamera sendiri? Silakan sajaTetapi, berdasarkan pengalaman, potret yang dibuat pengelola, lebih baik.
Puas bergondola, Anda dan keluarga atau pasangan bisa berkeliling di sepanjang kanal sambil melihat toko-toko di sekitarnya yang menjual beraneka barang branded kelas menengah berupa tas, sepatu, jaket, jins, kaus, blus, kemeja, baju santai sampai lingerieHarga barang-barang di tempat ini relatif terjangkau, meski tidak oleh semua orang.
Mereka yang uangnya pas-pasan tak perlu kecewa karena tak bisa belanjaJalan saja terus sampai ke food court-nyaMakan di pujaseranya Venetian asyik juga lhoSebab, di tempat yang bisa menampung sekitar 1.500 orang itu tersedia makanan dari berbagai negaraDan semuanya enak.
Buat Anda yang tak ingin makan, tetapi ingin sekadar bersantai, bisa juga memesan cocktail, kopi atau bir, dan pizzaDi situ juga dijual pizza dalam bentuk potongan tipisJadi tidak bikin kenyang.
Sambil menikmati hidangan, cobalah Anda menikmati suasananyaKarena hanya di situ Anda bisa makan di ”langit terbuka” yang terang benderang dengan awan putih mengambang, tanpa merasa kegerahan atau kepanasanSebab, langit di atas Anda itu tidak asliBikinan manusia.
Meski begitu, tak mudah bagi Anda untuk mengenalinya karena langit-langit itu dibuat dengan sangat hati-hati oleh tangan-tangan seniman yang ahli sehingga tak terlihat sambungannyaAnda baru akan percaya kalau itu buatan bila balon milik anak Anda lepas dan melambung ke atasSetibanya di ”langit’’, balon-balon itu akan berhenti  karena memang membentur atap
Bila Anda di situ agak lama, hingga mendekati jam makan malam, misalnya,  Anda akan melihat langit di atas Anda berubah warna menjadi jingga secara perlahanPerubahan itu terjadi dengan sangat halus sehingga terkesan alami.
Dari sini, sebelum pukul 19.00 waktu setempat, turunlah ke lantai di bawahnyaIkuti papan penunjuk yang mengarah ke tempat pertunjukan cirque de soleilPertunjukan sirkus dari Kanada ini dikemas teatrikal dan musikal   dengan menggabungkan teknologi multimedia yang sangat canggih dan sempurnaSesuai dengan namanya, di pertunjukan itu juga ada binatangTetapi hanya satu ekorItu pun beruang kutub, sesuai dengan jalan ceritanyaMeski begitu, saya berani menjamin: Anda dan keluarga takkan menyesalBahkan bercita-cita untuk kembaliSebab, itulah memang pertunjukan paling megah dan mewah di dunia.
Gedung yang digunakan untuk pertunjukan tersebut sangat luas karena bisa menampung 1.500 penonton sekaligusTetapi, sebaiknya Anda tidak meremehkan karena setiap pertunjukan selalu penuhJadi, jika memang berniat menonton itu, sebaiknya beli dulu tiketnyaKalau punya duit, beli yang VIPHarganya sekitar HK $1.200Kalau tidak mau bayar semahal itu, cukup beli yang kelas ekonomiHanya sekitar HK $370.
Sambil menunggu pintu teater dibuka, Anda bisa belanja merchandise pertunjukan ’Zaia’ di butik sebelahnyaAtau melihat tayangan di layar superbesar yang ditempel di dinding dekat situLayar itu menayangkan  bagaimana hotel Venetian dibangunSejak proses reklamasinya yang ’memakan’ pasir yang sama banyak dengan ketika orang Mesir kuno membangun piramid untuk kuburan rajanya sampai ke bagaimana gondola-gondola itu dibuat dan diangkut, serta bagaimana para senimannya mengecat langit-langit
Di tayangan itu Anda akan diberi tahu bahwa tenaga listrik yang digunakan hotel itu cukup untuk memenuhi kebutuhan 300 ribu rumah tanggaIni karena Venetian sangat luasSebagai gambaran, luas tanah yang disiapkan untuk hotel tersebut dan perluasannya lebih dari 975 ribu meter persegiTanah seluas itu cukup untuk 56 lapangan bola  atau memarkir 90 buah pesawat Boeing 747 (jumbo jet).
Di layar lebar tersebut, pengunjung juga bisa melihat bahwa Venetian juga menyediakan spa dan fasilitas olahraga yang lebih daripada sekadar luasLuas spanya saja 8.000 meter persegi
Bagi mereka yang gemar golf tapi tidak cukup punya waktu untuk bermain golf, hotel ini menyediakan lahan untuk sembilan hole yang masing-masing berjarak 3 par.
Di situ juga disediakan stick-nyaTapi,  jangan kagetYang disediakan hanya putter-nyaKarena lapangan golf yang terletak di lantai tujuh dengan menggunakan rumput plastik yang halus itu memang tidak disiapkan untuk golf beneranTapi untuk mengasah kemampuan putting Anda(*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaga Perasaan Adik, Pilih Salat Gaib untuk Almarhum


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler