Saatnya Persebaya Memberikan Terbaik untuk Bonek

Kamis, 12 Oktober 2017 – 09:30 WIB
Bonek. Foto: Dipta/dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Meski dipastikan punya satu tempat di babak 8 besar, Persebaya Surabaya belum memastikan diri lolos sebagai juara grup C babak 16 besar Liga 2. Nah, peluang itu terbuka di laga pemungkas nanti.

Rendi Irwan dkk bakal menjamu Kalteng Putra di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, nanti sore (siaran langsung TV One pukul 15.00 WIB).

BACA JUGA: Bonek dan PSHT Berdamai, Jangan Ada Provokasi Lagi

Berbagai motivasi untuk memenagi laga tersebut kini menumpuk. Salah satunya adalah saat melakoni laga away pada 26 September lalu.

Bertandang ke Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, pertandingan yang mempertemukan keduanya berakhir imbang 1-1. Laga tersebut sempat dihiasi dengan insiden injury time mencapai 5 menit.

BACA JUGA: Kapten Persebaya: Saling Memaafkan demi Perdamaian

Saat sudah melewati waktu tersebut, Very Permana membiarkan laga berlanjut. Laga itu pun menghentikan rekor tiga kemenangan beruntun yang telah dibukukan oleh Persebaya sebelumnya.

Lagi pula, klub yang berdiri pada 1927 itu juga sangat superior di kandang. Sejak berada di bawah kendali pelatih Angel Alfredo Vera, sudah tujuh kali Persebaya berstatus sebagai tuan rumah dan semuanya berhasil diakhiri dengan kemenangan.

BACA JUGA: Cinta Persebaya, Aktris Cantik Ini Puji Bonek Habis-habisan

Catatan 100 persen di kandang itu pun harus menjadi tren positif yang diteruskan.

Hebatnya lagi, semua itu dilalui dengan hanya kebobolan satu gol saja. Di tujuh laga itu, mereka juga telah mengumpulan 23 gol.

Selain itu, tiga kandang terbaru Persebaya berakhir tanpa ada lawan yang yang mampu mencetak gol.

Akan tetapi, kini ada satu masalah yang tengah menghinggapi tim. Di dua laga terakhir, mereka selalu scoreless alias gagal mencetak gol. Jajaran pelatih pun telah menyiapkan solusi atas kebuntuan.

Para pemain yang menghuni starting line-up nampaknya akan kembali seperti biasanya.

Mereka yang telah membawa Persebaya menang besar 5-0 kala menjamu PSBS Biak (22/9) dan kemenangan 4-0 atas Persigo Semeru (30/9) kembali masuk skuad utama. Namun, hanya Irfan Jaya yang kemungkinan masih absen karena kondisi kurang fit.

Sebagi ganti, kapten Rendi Irwan yang di empat laga awal grup C selalu menjadi pengganti masuk.

Kolaborasi Rendi dengan gelandang Misbakus Solikin akan sangat pas untuk bisa menjebol pertahanan lawan. Hal tersebut diakui oleh asisten pelatih Esteban Horacio Busto.

“Setelah dilihat di lapangan, mereka kalau bersama terlihat sangat memudahkan aliran bola. Tapi, jelas bukan hanya mereka solusinya. Kami juga meminta kerja dari seluruh pemain. Yang utama dalam evaluasi adalah finishing yang harus efektif,” ungkap pria asal Argentina itu.

Terlebih, Bonek akan kembali ke GBT untuk memberikan dukungan penuh terhadap Persebaya.

Inilah waktunya untuk menunjukkan memberikan yang terbaik kepada para suporter. Selama ini pun Bonek selalu menjadi teror bagi tim tamu.

“Waktu saya masih jadi pemain, kami memang fokus untuk bertanding selama 90 menit. Tapi, dukungan suporter juga penting. Pertandingan ini juga akan seru karena kedua tim ingin tiga poin,” kata mantan pemain Persis Solo dan Persema Malang itu.

Di sisi lain, Kalteng Putra punya catatan kurang bagus. Di babak penyisihan grup 6 lalu, mereka punya catatan kurang apik di laga tandang.

Dalam enam laga, mereka pernah sekali menang, dua kali imbang, dan tiga kali kalah. Tetapi di babak 16 besar, mereka menjadi satu-satunya tim di grup C yang pernah meraih tiga poin saat bertandang.

Saat ini, kondisi mereka pun kurang bagus. Hanya ada 15 pemain yang dibawa lantaran bermasalah dalam kebugaran.

Padahal, mereka butuh tiga poin untuk lolos tanpa bergantungg pada hasil pertandingan lain yang mempertemukan Persigo Semeru dengan PSBS.

Pelatih Kas Hartadi pun sudah mempersiapkan dengan baik untuk laga ini. Termasuk evaluasi setelah sempat ditahan oleh Persigo Semeru (8/10). Berdasar evaluasinya, para pemainnya terlalu asik melakukan serangan.

“Kami lupa bertahan di laga itu. Untuk besok (hari ini, Red) wajib menang jadi akan bermain terbuka. Tapi, kami juga sudah mengasah kemampuan transisi (dari menyerang ke bertahan, Red). Semua pemain akan berusaha maksimal untuk tiga angka,” ujar pelatih 46 tahun asal Solo itu. (dit)

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar Saputra (g); 22-Abu Rizal Maulana, 44-Andri Muliadi, 21-Fandry Imbiri, 25-M. Irvan Febrianto; 96-M. Hidayat, 6-Misbakus Solikin, 7-M. Sidik Saimima; 8-Oktafianus Fernando, 9-Ricky Kayame, 12-Rendi Irwan (k)

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Jersey: Hijau

Kalteng Putra (4-2-3-1): 12-Fachri Abdi Ramadhan (g); 4-Yus Arfandy (k), 31-Fauzan Fajri, 5-Bursanudin Ahya, 6-Budhiar Riza; 13-M. Iqbal, 87-Ikhfanul Alam; 9-Faria Rofanda, 27-M. Rais, 96-Dominggus Karewai; 11-Rivaldi Bawuo

Pelatih: Kas Hartadi

Jersey: Merah

Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya

Live: TvOne pukul 15.00 WIB

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaga Komitmen Damai Bonek dan PSHT


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler