Saksi Beber Ketidaknetralan KPU Rohil

Kamis, 28 April 2011 – 20:11 WIB

JAKARTA-Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (28/4), menggelar sidang lanjutan sengketa pemilukada kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, dengan agenda mendengarkan keterangan saksi.

Dalam persidangan itu, penggugat Herman Sani-Wahyudi Purwowarsito menghadirkan  20 orang saksi yang sebagian besar mengatakan adanya keterlibatan KPU Rokan Hilir untuk memenangkan pasangan Annas Maamun-Suyatno.

Salah seorang saksi Khoiruddin Syakban mengatakan Ketua KPU Rokan Hilir, Azhar Syakban mendukung pasangan incumbent Annas Maamun-SuyatnoSuatu waktu, Azhar sempat memperingatkan dirinya agar tidak mendukung Herman Sani-Wahyudi Purwowarsito

BACA JUGA: Kesekjenan DPR Benarkan Pengunduran Diri PT DGI

Khoruddin sendiri merupakan adik kandung Ketua KPUD Rokan Hilir, Azhar Syakban.

“Ngak usah dukung Herman, 50 persen suaranya tidak akan menang karena semua instansi sudah dikondisikan,” kata Khoruddin Syakban, menirukan kalimatnya kakaknya di hadapan majelis hakim yang diketuai Ahmad Sodiki.
  
Pada sidang sebelumnya, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau Herman Sani-Wahyudi-Purwowarsito menggugat hasil Pilkada Kabupaten Rohil ke MK.

Pasangan ini meminta MK memutuskan untuk memerintahkan pemungutan suara ulang di seluruh wilayah Kabupaten Rokan Hilir karena menganggap terdapat kecurangan yang dilakukan pasangan Annas Mamun-Suyatno (Incumbent)secara sistematis, masif dan terstruktur selama Pilkada Rokan Hilir berlangsung.

Pemohon menyebut kecurangan yang dilakukan pasangan incumbent antara lain dengan cara melibatkan PNS dan perangkat desa serta pihak KPU Kabupaten Rokan Hilir juga dilibatkan dalam upaya pemenangan Annas Maamun-Suyatno.

Dalam Pilkada Rokan Hilir ini KPUD Rokan Hilir telah menetapkan pasangan Annas Maamun-Suyatno sebagai pemenang dengan memeroleh suara terbanyak 68.911 suara (34,64 persen) dari total suara sah
Disusul pasangan Aznur Affandi-Wan Muchtar dengan 52.548 suara (31,44 persen), pasangan  Herman Sani-Wahyudi Purwowarsito dengan 40.152 suara (21,69 persen),  pasangan Ahmadsyah Harrofie-Ilyas RB dengan 14

BACA JUGA: Gedung DPR Tak Ubahnya WC Umum

477 suara (7,28 persen) dan pasangan Johar Firdaus-Subroto dengan 9.083 suara (4,14 persen)
(kyd/jpnn)

BACA JUGA: Effendy Choirie Buat Buku Pemecatan Dirinya

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kader Golkar Tak Akan Tinggalkan Nasdem


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler