Salah Pilih Cawapres, Jokowi Bakal Ditinggal Swing Voters

Kamis, 15 Mei 2014 – 22:29 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), Janty Jie mengingatkan Joko Widodo untuk berhati-hati memilih calon wakil presiden (cawapres). Sebab, ada faktor massa mengambang atau swing voters yang akan sangat menentukan pemenang pemilu presiden (pilpres).

Menurut Janty, jika Jokowi keliru memilih figur cawapres maka bisa saja capres yang menjadi calon presiden (capres) dari koalisi PDI Perjuangan, PKB dan NasDem itu tak menjadi pilihan swing voters. Padahal, jumlah swing voters cukup signifikan.

BACA JUGA: Rachmat Yasin Merasa Terenggut Haknya

"Sekarang ini jumlah swing voter lebih banyak. Kalau semuanya memilih, Jokowi bisa menang. Makanya memilih cawapres harus tepat. Salah sedikit saja swing voter itu bisa beralih pilihannya dengan cepat," kata Janty dalam diskusi 'Menimbang Cawapres Jokowi dan Prospek Pilpres 2014" di Jakarta Pusat, Kamis sore, (15/5).

Janty menambahkan, situasi psikologis masyarakat pemilih hampir sama. Yakni keinginan masyarakat akan  perubahan besar. Pasalnya selama sepuluh tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak sedikit juga masyarakat yang dikecewakan.

BACA JUGA: Rahmat Yasin Sempat Marah Ingin Bekerja Lagi

Oleh karena itu, Jokowi harus memastikan cawapresnya adalah orang baru yang visi perubahan. "Artinya kalau pilih cawapres yang status quo atau yang pernah terlibat di pemerintahan SBY dulu, swing voter bisa kabur," sambungnya.(flo/jpnn)

BACA JUGA: Yakin Pesaing Jokowi Kalah, PDIP Ogah Mainkan Fitnah

BACA ARTIKEL LAINNYA... Merapat ke Jokowi, Denny JA Bikin Puisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler