SBY Ajak Masyarakat Ikut Gerakkan Ekonomi

Jumat, 10 Juni 2011 – 11:25 WIB

JAKARTA - Jakarta Fair 2011 di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, resmi dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tadi malamEvent yang diselenggarakan untuk ke-44 kalinya itu untuk menyambut HUT Kota Jakarta yang ke-484 tahun.

Dalam sambutannya, presiden mengapresiasi even Jakarta Fair yang menunjukkan progress positif

BACA JUGA: BP Migas Tolak Pejabat Pilihan Darwin

"Memang kenyataannya memiliki progress yang amat baik
Saya punya catatannya," kata SBY.

Misalnya dalam hal jumlah pengunjung

BACA JUGA: BI Rate Kokoh di 6,75 Persen

SBY menyebutkan, pada tahun 2005 jumlahnya mencapai 1,5 juta pengunjung
Sementara pada 2010, angkanya meningkat menjadi 3,5 juta pengunjung

BACA JUGA: Pekan Depan, Film Asing Diputar Lagi di Bioskop

Begitu juga jumlah peserta yang mengikuti pameranJika pada 2005 jumlahnya 1721 peserta, tahun 2010 menjadi 2850 peserta.

Omset yang diperoleh dari even yang berlangsung selama satu bulan itu juga dicatat SBY"Dalam kurun waktu lima tahun, juga mengalami kenaikan dari Rp 477 miliar, hampir setengah triliun pada tahun 2005tahun lalu, 2010, sudah meningkat menjadi Rp 3,1 triliun," urai SBY.

Presiden mengajak masyarakat untuk ikut serta menggerakkan ekonomi"Berbelanjalah, karena dengan berbelanja ekonomi akan bergerak," katanyaJika ekonomi bergerak, lanjut SBY, penerimaan pajak akan tinggi sehingga penerimaan negara juga meningkat.

Penerimaan negara itu kemudian makin banyak yang digunakan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat dan pembangunan infrastrukturSBY juga mengajak mereka yang memiliki kemampuan finansial tinggi"Jangan istilahnya uang disimpan di bawah bantal, tapi investasikan," ucap SBY.

Dalam kesempatan itu, SBY mengakui jika Jakarta mengalami perkembanganNamun berbagai persoalan juga masih dihadapi kota yang dulu dikenal Batavia itu"Ada persoalan ekologi, ada persoalan daya dukung lingkungan," katanya.

SBY meminta untuk terus dicarikan solusi atas permasalahan-permasalahan itu, baik untuk jangka menengah atau jangka panjang"Untuk jangka panjang, magapolitan ini harus dimekarkanThe Greater Jakarta," katanyaSehingga daerah sekitar Jakarta juga tumbuh

Jakarta Fair 2011 kali ini diikuti oleh sebanyak 2600 peserta pameranMulai dari usaha kecil menengah hingga perusahaan multinasional(fal)

BACA ARTIKEL LAINNYA... RMBA Fokus Pasar Domestik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler