SBY akan Hadiri Pawai Budaya Nusantara

Selasa, 18 Agustus 2009 – 11:38 WIB
JAKARTA- Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-64, Selasa (18/8) siang sekitar pukul 13.30 Wib, digelar Pawai Budaya Nusantara di seputaran Monas JakartaAcara ini diikuti oleh bermacam kesenian yang didatangkan dari berbagai provinsi di tanah air.

Start pawai dimulai dari Jl Medan Merdeka Utara melalui panggung kehormatan utama Istana Merdeka menuju Jl Medan Merdeka Barat, semua peserta pawai menelusuri sepanjang Jl Medan Merdeka Barat menuju ke arah Patung Arjuna Wijaya

BACA JUGA: TK Ingin Terpilih Aklamasi

Nah, dari depan patung berbelok ke kiri, lalu masuk ke silang Monas.

“Presiden akan tiba halaman depan Istana Merdeka sekitar pukul 14.00 Wib
Bersama ibu negara menyaksikan peserta pawai budaya nusantara,” kata kepala biro pers dan media kepresidenan, DJ Nachrowi, Selasa pagi.

Direktur Jenderal Nilai Budaya, Senin, dan Film, Tjetjep Suparman mengatakan, beragam acara sudah dijadwalkan untuk mengisi pawai budaya nusantara

BACA JUGA: Polisi Telisik Arti Sandi 1808

Untuk pawai dengan tema kebebasan, akan menampilkan Gruda Mahardika, gelar Prajurit Dzuriat Surosuwon dari Banten, Inong Balee dari Aceh, Paku Jagat Pajajaran dari Jawa Barat, Tuanku Imam Bonjol dari Sumatera Barat.

Kalimantan Tengah menampilkan Damang Batu dan Nyai Balau, Sumatera Selatan menampilkan Genta Sriwijaya, sementara Tari Montro disuguhkan oleh DI Yogyakarta, Pejurit Indrawati ditampilkan oleh Lampung, tak mau ketinggalkan NTT menampilkan Likurai, Sumatera Utara suguhkan Wayang Batak, serta Pesta Adat Kansidaa dari Sulawesi Tenggara.

Penampilan lain bertema kreatif, yaitu Kidung Saraswati
Jawa Timur menampilkan Pesona Banyuwangi, Maluku tampilkan Tari Bakupukul Sapu, Kalbar suguhkan Kolaborasi Ketipung Tahar dan Jepin, DKI Jakarta suguhkan Parade Tanjidor, Riau tentang Kebangkitan Melayu

BACA JUGA: SB Pilih Pensiun dari Politik

Sementara Maluku Utara menggarap Kolaborasi tarian Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan.

Sulawesi Selatan akan menyuguhkan Kalompoanna Pa’rasangta, Bengkulu suguhkan Tari Refflesia Belarak, Bangka Belitung siap suguhkan Barong MelayuKalimantan Selatan siap adu seni Marak Pengantin (Bausung Pengantin), Kepri tampilkan Dangkong, serta Sulbar persembahkan Silawali Parri.

Masih ada tema kemandirian, Bima MenjiwaDari Papua Barat akan tampilkan Rii Ayasikena (Burung Cenderawasih), Jambi jagokan Begawe, Sulut garap Figura Kate, Papua apalagi kalau bukan Dinamika PapuaBali suguhkan Parade Barong, Witning Puja menuju Indonesia JayaBerbeda dengan Kaltim yang menyuguhkan Dayak Menyatu Manikam (Bahau, Benuaq, Lundaye).

NTB gelar prosesi Ngalu Aiq dalam rangkaian Gawe Bleq adat BayanJawa Tengah tampilkan Sesapu Wulu Kupu, Sulteng dengan Tari Balimore, Gorontalo garap Molude Binthe, serta Solo Batik Carnival dari Kota Surakarta.

Dalam acara yang akan diresmikan oleh Presiden SBY itu, juga akan diumumkan para pemanangUntuk mengamankan lokasi, polisi sudah mengalihkan rute di seputaran MonasDiperkirakan Karnaval tidak hanya di seputaran Monas, tetapi berkemungkinan menuju Bundaran HIMakanya, kendaraan dari Harmoni berbelok ke arah Jl Juanda hingga ke Tugu TaniKendaraan bisa melewati depan masjid IstiqlalBeberapa jalur alternatif sudah disiapkan petugas lalu lintas.(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... NU Merasa Ditinggalkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler