SBY Tak Mau Kompromi soal Kedaulatan NKRI

Selasa, 31 Agustus 2010 – 23:23 WIB

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memberi penjelasan khusus terkait hubungan diplomatik Indonesia-MalaysiaIntinya, kedua belah pihak diminta tidak emosional menyikapi konflik perbatasan

BACA JUGA: Perlu Nyali Bekukan Ormas Pelaku Anarki

Karenanya, SBY mendorong Malaysia untuk sungguh-sungguh menyelesaikan perundingan perbatasan maritim dengan Indonesia.

“Saya akan memberikan penjelasan secara komprehensif antara hubungan Indonesia-Malaysia
Saya sudah instruksikan kepada menteri terkait untuk melakukan pembicaraan dengan pemerintah Malaysia,” kata SBY di kantornya, Selasa (31/8).

Kendati mendorong Malaysia lebih sungguh-sungguh menyelesaikan perundingan perbatasan maritim, namun SBY juga meminta warga kedua negara berpikir dan bertindak rasional

BACA JUGA: BKN Tak Mau Tertipu BKD

“Kita akan menyampaikan pesan ketegasan, tidak ada kompromi dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI
Tapi, hubungan diplomatik tetap harus terjalin dengan baik,” tegasnya.

SBY menambahkan, hubungan persahabatan Indonesia-Malaysia yang sama-sama dalam rumpun Melayu sudah terjalin dengan baik

BACA JUGA: DPR Kecewa Persiapan Mudik

Indonesia dan Malaysia sudah seperti saudara“Kita harus memelihara hubungan baik yang selama ini sudah terjalinNyata-nyata hubungan kita itu memberi manfaat bagi kedua negara, baik bagi saudara-saudara kita di Malaysia maupun bagi suadara-saudara kita di tanah air,” tandasnya.
 
Namun soal perbatasan, kata SBY, harus ada penegasan agar persoalannya tak berlarut-larut“Kita terus mengintensifkan perundinganKita ingin mendapatkan kepastian soal perbatasan dengan negara-negara tetangga yang merupakan sahabat kita,” katanya.

Rencananya, keterangan pers SBY akan disampaikan usai buka puasa bersama dan shalat tarawih dengan jajaran TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (1/9) malam“Usai buka puasa dan tarawih tanggal 1 September 2010, saya akan memberikan penjelasan langsung kepada masyarakat IndonesiaTujuannya, agar masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap dan tidak simpang siur,” paparnya.

Setali tiga uang dengan SBY, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato Syed Munshe Afdzaruddin, sebelumnya mengatakan, hubungan Indonesia dan Malaysia tetap baik-baik sajaMeski ada demonstrasi dan protes kedua negara, namun hubungan diplomatik tetap dilanjutkan.

“Kita adalah negara serumpunTidak ada persoalan di tingkat atas (pemerintahan)Ribut-ribut sedikit itu cuma di tingkat bawahYang dipersoalkan pun cuma masalah sepele,” kata dia.

Konflik Indonesia-Malaysia kembali memanas setelah Polisi Diraja Malaysia menangkap beberapa petugas pengawas maritim Indonesia dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)Belum lagi persoalan perbatasan yang tak kunjung beres“Soal perbatasan itu, kita terus melakukan perundinganKami (Malaysia) juga ingin menyelesaikan persoalan ini secepatnya,” pungkasnya.(gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... FPI Dominasi Laporan Pelanggaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler