Sejumlah Marquee Player Terancam tak Bisa Diturunkan

Jumat, 14 April 2017 – 08:20 WIB
Michael Essien (kanan) dipastikan sudah kantongi Kitas. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengeluarkan larangan bermain kepada pemain asing yang belum mengantongi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) di Indonesia.

Dampaknya, sejumlah pemain berlabel marquee player di kompetisi Liga 1 terancam tidak bisa membela klub mereka di pekan pertama nanti.

BACA JUGA: Tim Mana Saja Mampu Adang Persib Bandung?

Larangan tersebut dikemukan langsung oleh Ketua BOPI, Noor Aman sesaat setelah memberikan rekomendasi kompetisi kepada PT LIB (Liga Indonesia Baru) selaku operator.

"Kami melarang tegas pemain asing yang belum memiliki kitas untuk dimainkan. Kalau saja ada klub yang melakukannya, maka itu adalah pelanggaran keras," kata Noor Aman.

BACA JUGA: Adam Alis Harus Hadapi Essien

Ketua tim verifikasi BOPI, Iman Suroso juga mengungkapkan hal senada. Menurut dia, BOPI sudah membentuk tim pengawas dan kendali di setiap pertandingan di awal kompetisi.

"Total ada 36 pertandingan yang akan kami pantau secara langsung. Kalau ada yang melanggar, kami akan tegur operator," ujar Iman.

BACA JUGA: Korek Kekuatan Semen Padang FC Lewat 2 Pemain Ini

Chief Executive Oficer PT LIB Risha Adi Wijaya yang datang ke BOPI untuk menerima langsung rekomendasi itu, mengaku sepakat dengan syarat tersebut.

"Kami juga akan melarang pemain yang belum memiliki Kitas untuk bermain. Itu sudah menjadi konsekuensi yang harus dihadapi oleh klub peserta," ucapnya.

Risha bahkan menyebutkan bahwa, mayoritas pemain asing yang baru menjalani musim perdana di Indonesia, diperkirakan belum mengantongi Kitas, terutama mereka yang berlabel marquee player.

Alasan Risha cukup sederhana, para pemain dengan label marquee player tersebut rata-rata baru deal dengan klub dala satu bulan terakhir.

Padahal, lanjut dia, untuk bisa mengantongi kitas, seorang pemain membutuhkan waktu yang cukup lama, lebih dari satu bulan.

"Tapi, kalau pemain asing yang sudah lama berkompetisi di Indonesia, atau minimal dari musim lalu, kami pastikan mereka sudah punya kitas. Sementara pemain yang baru yang belum bisa kami pastikan," tambahnya.

Sementara itu, manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar memastikan bahwa Michael Essien marquee player mereka, beserta Carlton Cole sudah mengantongi kitas.

Dengan begitu, kedua pemain tersebut dipastikan bisa bermain melawan Arema FC dalam pertandingan perdana di Stadion Si Jalak Harupat pada 15 April nanti.

"Sudah, semua dokumen Essien dan Cole sudah beres. Apalagi Kitas, itu dokumen pertama yang kami selesaikan," kata Umuh.

"Jadi, kami pastikan semua pemain kami sudah berkompetisi, karena sudah tidak ada masalah lagi. Semoga mereka bisa bermain maksimal dalam pertandingan perdana nanti," harap dia.

Presiden Klub Borneo FC, Nabil Husen Said Amin juga menyebutkan bahwa, manajemen mereka saat ini sedang mengurus kitas striker anyar Shane Smeltz, marquee player mereka asal Selandia Baru.

"Paling juga sudah bisa selesai dalam waktu dekat dan dia sudah bisa bermain bersama tim," ujar Nabil. (ben)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Smeltz Resmi Tandatangani Kontrak dengan Borneo FC 


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler