Sejumlah Masjid Siap Tampung Peserta Reuni Alumni 212

Rabu, 29 November 2017 – 00:26 WIB
Aksi 212. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Alumni Aksi 212 akan menggelar reuni pada Sabtu, 2 Desember 2017, mendatang.

Serangkaian persiapan juga sudah digelar masyarakat Jakarta yang tergabung ke dalam alumni 212. Salah satunya mempersiapkan tempat jika ada peserta reuni yang datang dari luar DKI.

BACA JUGA: Amankan Reuni 212, Polda Metro Libatkan Brimob Nusantara

Dari informasi yang peroleh INDOPOS, puluhan masjid sudah mempersiapkan untuk menampung peserta aksi.

Salah satunya Masjid Al-Bukhori yang terletak di Jalan Pala 1, Tanah Abang, Jakarta Selatan. Salah seorang pengurus masjid, Hidayat menuturkan bahwa beberapa jemaah Masjid Al-Bukhori juga akan ikut dalam temu reuni 212.

BACA JUGA: Anies sampai Jokowi Diundang ke Reuni Alumni 212

"Karena kan waktu Aksi 212 tahun kemarin jamaah dari sini banyak yang hadir. Itu spontanitas umat. Untuk reuni, kami dapat perkirakan akan ada banyak juga yang hadir dari sini. Mungkin bisa ratusan (orang, Red)," kata Hidayat saat ditemui INDOPOS (Jawa Pos Group) di Masjid Al-Bukhori, Selasa (28/11).

Selain itu, pihak pengurus masjid juga sudah menyiapkan tempat jika ada peserta reuni yang datang dari luar Jakarta.

BACA JUGA: Pernyataan Viktor Dianggap Menyerempet Genosida

Diuraikan Hidayat, di sekitar wilayah Tanah Abang sendiri ada sekitar 15 masjid yang mempersiapkan untuk kedatangan peserta reuni. ”Masjid Al-Bukhori yang bisa menampung sekitar 300 orang,” jelasnya.

Bahkan pihak pengurus juga telah menyediakan makanan atau minuman untuk dikonsumsi. "Masjid ini memiliki dua lantai. Kalau ada peserta perempuan mungkin bisa kita tempatkan di lantai dua, sedangkan laki-laki di lantai satu. Nanti bisa disesuaikan," ujarnya.

Jika satu masjid bisa menampung 300 orang, maka lanjut Hidayat, 15 masjid di kawasan Tanah Abang akan bisa menampung sekitar 4.500 orang.

Di sisi lain, pengurus organisasi Jawara Betawi Rahmad Ottoy kepada INDOPOS menjelaskan, nantinya peserta reuni akan berangkat dari satu titik.

Dimana untuk kawasan Jakarta Selatan akan dipusatkan di Masjid Al-Makmur yang berlokasi di sekitar Pasar Tanah Abang.

Menurut dia, peserta reuni yang datang pada tahun ini kemungkinan lebih sedikit jika dibanding tahun lalu. Karena kegiatan yang diselenggarakan pada tahun ini lebih kepada menjalin silaturahmi antar sesama umat.

Sedangkan pada tahun lalu merupakan agenda khusus untuk menyuarakan pendapat umat muslim yang ada di seluruh Indonesia.

Meski begitu, pihaknya tetap mempersiapkan kedatangan peserta dari luar Jakarta. Karena sejauh ini sudah ada beberapa peserta yang mengkonfirmasi kehadiran dari luar Jakarta.

"Pada intinya kami, Jawara Betawi, Himpunan Aktivis Masjid (Hamas) dan organisasi lainnya siap menyambut kedatangan para Alumni 212. Kita menggelar silaturahmi sekaligus zikir bersama nanti," sebut Rahmad.

Di masjid lain, yakni Masjid At-Taqwa di Jalan KH Mas Mansyur juga menyatakan siap. Jika ada peserta reuni yang datang dari luar Jakarta untuk singgah.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pengurus Masjid At-Taqwa yang tidak bersedia menyebutkan namanya kepada INDOPOS.

Menurut dia, Masjid At-Taqwa yang terletak di pinggir jalan besar itu juga bisa dijadikan tempat singgah.

"Saya belum bisa pastikan bakal ada yang singgah ke sini. Tapi Masjid At-Taqwa siap kok untuk jadi tempat singgah,"ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya,, Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Ma'arif menegaskan bahwa reuni 212 dipastikan berlangsung.

Bahkan ia juga membeberkan sejumlah nama besar yang turut hadir seperti Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) serta Tokoh Reformasi Amien Rais. "Iya InsyaAllah HRS datang," tandasnya, Senin (27/11) lalu. (nda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alumni 212 Sebut Viktor Lakukan The Most Serious Crime


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler