Sekda Jateng Minta Alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional Menerapkan Proyek Perubahan

Selasa, 14 November 2023 – 14:38 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno saat acara penutupan Latpimnas Tingkat II Angkatan XXIV 2023 di Gedung BPSDMD Provinsi Jateng, Selasa (14/11). Foto Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SEMARANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno meminta seluruh alumni peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (Latpimnas) Tingkat II Angkatan XXIV 2023, mampu menerapkan proyek perubahan di lingkungan kerjannya masing-masing.

"Kami sangat berharap alumni dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng ini bisa memberi warna di tempat kerja mereka masing-masing,” kata Sumarno saat acara penutupan Latpimnas Tingkat II Angkatan XXIV 2023 di Gedung BPSDMD Provinsi Jateng, Selasa (14/11).

BACA JUGA: Pemprov Jateng Menyediakan 3 Ribu Benih Cabai Gratis Mendukung Gerakan Menanam di Pekarangan Rumah

Sumarno mendorong para peserta selalu meningkatkan kompetensi dan menjaga integritas.

Dia menegaskan, membangun integritas harus dimulai dari pemimpin. Sebab, pemimpin menjadi contoh dan juga sebagai pengendali.

BACA JUGA: Tekan Inflasi, Pemprov Jateng Tingkatkan Operasi Pasar

"Jika pemimpin tidak berintegritas tentu tidak mampu untuk mengendalikan, tidak berani menegur bawahan, juga tidak berani menyampaikan hal yang tidak sesuai karena bawahannya bekerja mengikuti perintah pimpinan. Jadi, betapa pentingnya pemimpin berintegritas," ujar Sumarno.

Latpimnas XXIV ini diikuti oleh 60 peserta. Mereka berasal dari berbagai organisasi perangkat daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, dan kementerian.

BACA JUGA: Kemiskinan Ekstrem Jateng 2023 Tinggal 1,1%, Pj Gubernur Targetkan Tahun 2024 0 Persen

Para peserta tidak hanya mengikuti pendidikan dan pelatihan, tetapi juga membuat berbagai proyek perubahan yang dapat diimplementasikan di lingkungan kerjanya masing-masing.

Menurut Sumarno, proyek perubahan yang mereka buat terkait dengan tugas pokok para peserta di tempat kerjanya masing-masing.

"Inovasi yang mereka buat dapat mengekselerasi untuk pencapaian target kinerja. Saya berharap proyek-proyek perubahan yang dibuat peserta dapat diimplementasikan," imbuh Sumarno.

Dalam kesempatan itu, Sumarno bersama Deputi Bidang Penyelenggaan Pengembangan Kompetensi LAN Basseng menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta terbaik Latpimnas Tingkat II Angkatan XXIV.

Adapun dari lima peserta terbaik itu, empat di antarannya berasal dari Jawa Tengah, yakni Endi Faiz Efendi dari Biro Administrasi Pembangunan Setda Jateng, Slamet Wahyono dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal, Stepanus Aan Isa dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo, serta Sukamto dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kebumen.

Satu peserta terbaik lainnya ialah Mukhamad Mukhanif dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo. (jpnn.com)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler