Tahun Baru Imlek ini mengantar Tahun Macan, khususnya, Macan Air. Berikut asal-usulnya dan apa artinya. Mitologi dan simbolisme

Delia Lin, dari departemen Studi Tiongkok di University of Melbourne mengatakan meski ada prinsip umum seputar simbol Macan Air, ada juga banyak karakteristik lain.

BACA JUGA: Utang Miliaran Rupiah untuk Belajar di Australia Lunas dalam Waktu Enam Tahun

"Banyak orang menggambarkan karakteristik yang berbeda [tentang Macan Air], dan itu berkaitan dengan tradisi dan kepercayaan orang. Pada dasarnya soal interpretasi," kata Dr Lin.

Perlu juga dicatat bahwa Tahun Baru Imlek tak hanya dirayakan oleh Tiongkok, tapi juga budaya lainnya di Asia, sehingga tradisi merayakan di tiap-tiap negara berbeda-beda.

BACA JUGA: Tak Perlu Khawatir, Ini Solusi Jika Shio Anda Diprediksi Terkena Ciong

Namun, macan punya lebih banyak arti dalam budaya Tiongkok, tidak hanya sebuah zodiak.

Fengqi Qian, dosen bahasa Mandarin di Deakin University, mengatakan macan memiliki tempat yang sangat istimewa dalam budaya Tiongkok, karena Tiongkok adalah rumah dan asal dari banyak spesies yang berbeda.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat: Imlek jadi Momen untuk Kendalikan Penyebaran Covid-19

Macan dianggap sebagai raja dari semua hewan dalam mitologi dan budaya Tiongkok.

Dr Lin mengatakan sebagai zodiak, macan melambangkan kekuatan, keberanian, kepercayaan diri, kepemimpinan dan kekuatan.

Macan juga dikenal sebagai binatang yang mengusir segala kejahatan.

Karena itu, sering kali ada rasa takut untuk berada di sekitar macan dan ini dapat dikaitkan dengan kehancuran.

Tapi Dr Qian mengatakan macan juga terkait dengan keberuntungan, keberanian, dan kesehatan serta kesejahteraan yang baik.

Dalam hal Tahun Macan, ini terkait dengan vitalitas dan kekuatan.

"Tahun ini [diyakini] tahun yang akan membawa perubahan baru, dan mendorong orang untuk mengatasi semua tantangan dan kesulitan di saat kita semua sedang menghadapi kesulitan di dunia," kata Dr Lin.

Dr Qian mengatakan "orang-orang percaya bahwa di Tahun Macan, Anda memiliki kesempatan untuk memperbarui segalanya ... terutama energi Anda, kekuatan Anda." Bagaimana tahun ini jatuh menjadi tahun Macan Air?

Untuk menjawab ini, kita perlu melihat kalender Tiongkok, yang mengikuti peredaran bulan dan telah digunakan selama ribuan tahun.

Kalender ini didasarkan pada dua sistem: batang 'surgawi' dan ranting 'duniawi'.

Cabang-cabang rantai duniawi terdiri dari 12 tanda zodiak, masing-masing diwakili oleh binatang, yang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya: tikus, lembu, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam jago, anjing dan babi.

Yang kurang umum diketahui adalah interaksi zodiak dengan batang surgawi.

Batang surgawi terdiri dari angka 1-10, dengan masing-masing angka mewakili salah satu dari lima elemen Taoisme: kayu, api, tanah, logam, dan air.

"Dari kecocokan 10 angka dengan 12 tanda, muncul nama di setiap tahun tertentu," kata Dr Qian.

Tahun ini yang jatuh adalah nomor sembilan, yang mewakili air.

Ini dikombinasikan dengan tanda zodiak ketiga, macan, yang memberi kita harimau air. Tahun macan air terakhir terjadi pada tahun 1962.

Meskipun tahun lunar berubah setiap tahunnya, dan perspektif artinya akan sedikit berbeda dari satu negara ke negara lain, Dr Lin mengatakan pesan utamanya tetap sama:

"Ini semua tentang keluar dari masa lalu dan menyambut yang baru," kata Dr Lin.

Artikel ini diproduksi oleh Hellena Souisa dari ABC Everyday

Jangan Lewatkan Video Terbaru:
 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 25 Napi Konghucu Terima Remisi Khusus Tahun Baru Imlek

Berita Terkait