Seleksi PPPK: Kabar Baik untuk Honorer K2 Tenaga Administrasi

Jumat, 21 Juni 2019 – 13:04 WIB
Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan pihaknya mengakji kemungkinan honorer K2 tenaga administrasi ikut tes seleksi PPPK tahap kedua. Foto: JPC/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Honorer K2 dan nonkategori tenaga teknis lainnya seperti administrasi punya peluang ikut mendaftar seleksi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahap II tahun ini.

Namun menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, persentasenya sangat sedikit.

BACA JUGA: Honorer K2 Daftar PPPK Jangan Berharap Belas Kasihan

"Sebenarnya tenaga teknis lainnya seperti administrasi sudah cukup banyak sehingga formasi ini tidak dibuka. Namun, untuk tahap dua nanti akan dilihat apakah daerah butuh PPPK tenaga administrasi. Kalau ya, dibuka tapi enggak banyak formasinya," kata Bima kepada JPNN, Jumat (21/6).

Dia menyebutkan, tenaga honorer K2 maupun nonkategori yang posisinya tenaga fungsional guru, penyuluh pertanian, tenaga kesehatan, dosen, analis, masih dibutuhkan di tahap II. Formasi-formasi inipun masih mendapatkan kuota yang banyak.

BACA JUGA: Rekrutmen PPPK Tahap II Bukan Hanya untuk Honorer K2

BACA JUGA: Honorer K2 Daftar PPPK Jangan Berharap Belas Kasihan

"Kami tidak ingin menjanjikan yang muluk-muluk bagi honorer K2 maupun nonkategori tenaga teknis lainnya. Tidak akan mungkin semuanya diakomodir jadi PPPK karena nanti berlebih-lebihan," terangnya.

BACA JUGA: FHI: Pemerintah Harus Beri Sanksi Daerah yang Terus Terima Honorer

Ini saja kata Bima, ada sejumlah daerah yang perkembangan teknologi informasinya pesat, tidak lagi mengusulkan kebutuhan PNS tenaga administrasi.

Ketika semua pekerjaan sudah bisa diambil alih teknologi, tenaga administrasi tidak dibutuhkan lagi.

"Imbas revolusi industri 4.0 ini ada 60 persen pekerjaan di dunia akan hilang, salah satunya administrasi. Kalau sudah bisa digantikan oleh e-office tenaga administrasi enggak dibutuhkan lagi," terangnya.

BACA JUGA: Rekrutmen PPPK Tahap II Bukan Hanya untuk Honorer K2

Tahun ini pemerintah membuka rekrutmen ASN sebanyak 254.173 formasi. Terdiri dari kuota PPPK untuk pusat dan daerah adalah 168.636. Sisanya untuk CPNS yang meliputi ikatan dinas 5.769 dan pelamar umum 79.768. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... FHI Desak MenPAN-RB Bawa Tuntutan Honorer ke Jokowi


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler