Selulit Bikin Resah, Atasi dengan 3 Pengobatan Alami Ini

Jumat, 02 September 2022 – 06:12 WIB
Ilustrasi cuka sari apel. Foto: Ist/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK wanita memiliki sembelit. Sembelit tentu saja bisa membuat rasa percaya diri seorang wanita menurun.

Terutama, bagi wanita yang telah menikah. Selulit itu sendiri merupakan lesung dan benjolan yang mulai terbentuk di kulit dan membuatnya terlihat keriput dan kendor?

BACA JUGA: 5 Olahraga ini Bisa Membantu Menghilangkan Selulit, Selamat Mencoba

Selulit biasanya menyerang paha, pinggul, lengan, dan perut bagian bawah dan membuat kulit terlihat seperti menyerupai tekstur kulit jeruk.

Alasan utama di balik masalah ini adalah interaksi antara sel-sel lemak dan jaringan ikat, yang tersusun secara vertikal di tubuh wanita.

BACA JUGA: Turunkan Kolesterol Tinggi dengan 5 Pengobatan Alami Ini

Ketidakseimbangan hormon, masalah genetik, gaya hidup yang buruk, penuaan, dan sirkulasi darah yang buruk juga bisa menjadi penyebab selulit.

Namun, ada beberapa pengobatan alami yang bisa membantu mengatasi masalah sembelit.

BACA JUGA: Selulit Bisa Lenyap dengan Berolahraga?

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.

https://www.healthshots.com/beauty/natural-cures/how-to-get-rid-of-cellulite-naturally/?fbclid=IwAR2l7DfOM7XMbyt0iLiD3I8AvSKMbbA8ICgY-pS-WHKgQe3RFhHR7DFMgjU.

1. Lulur kopi

Selulit dan kulit kendur berjalan beriringan, sehingga menggunakan sesuatu yang memiliki efek mengencangkan kulit adalah suatu keharusan.

Lulur kopi merupakan pengobatan alami yang tidak hanya akan membantu mengencangkan kulit, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah.

Yang harus Anda lakukan adalah menggabungkan 6 sendok makan bubuk kopi, 3 sendok makan gula merah, dan 1 sendok makan minyak kelapa dalam mangkuk untuk membentuk pasta kental.

Gosok area yang terkena menggunakan campuran ini setidaknya dua kali seminggu dan Anda akan melihat perbedaannya.

2. Minyak pijat

Pijat sering dikaitkan dengan relaksasi. Namun, mendapatkan pijatan minyak dari seorang profesional atau melakukannya sendiri dua kali seminggu di area bermasalah bisa meningkatkan sirkulasi cairan limfatik dalam tubuh.

Karena sistem limfatik kita bertanggung jawab untuk membersihkan tubuh dari racun dan bahan limbah, apa pun yang meningkatkannya juga bisa memberi Anda kulit yang tampak lebih halus.

Minyak Juniper bisa membantu Anda dalam upaya ini karena memiliki sifat detoksifikasi.

Cukup campurkan 20 hingga 25 tetes minyak juniper dengan seperempat minyak zaitun dan pijatkan ke kulit Anda. Lakukan ini dua kali seminggu untuk melihat perbedaannya.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung potasium, magnesium, dan kalsium, yang bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Anda bisa mengonsumsinya secara oral dengan mengencerkan cuka sari apel dengan air.

Atau campurkan satu bagian cuka sari apel dengan dua bagian air dan 2 sendok makan madu dan pijatkan pada daerah yang terkena selama 20-30 menit dua kali seminggu.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler