Semarak Hijau Sambut Asian Games di Jakabaring Sport City

Kamis, 16 Agustus 2018 – 21:55 WIB
Venue di Jakabaring Sport City Palembang untuk Asian Games 2018. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Jakabaring Sport City (JSC) di Kota Palembang, Sumatera Selatan yang menjadi tempat penyelenggaraan Asian Games 2018 kini sedang bersolek menyambut event olahraga terbesar di Asia tersebut.

Pemda setempat mempercantik berbagai venue olahraga yang akan dipertandingkan dengan warna-warna yang cerah dan menarik perhatian pengunjung.

BACA JUGA: Jelang Asian Games, Cegah HP Kemampo dari Kahurtla

Selain itu, ada suasana yang berbeda yang ditonjolkan kompleks untuk tempat olahraga di atas lahan seluas 325 hektar ini.

BACA JUGA: Sebutkan Negara yang Pernah Juara Asian Games! Gampang

Apalagi kalau bukan kesejukan dari berbagai tanaman pohon yang di tanam di hampir semua sudut area kompleks ini.

Salah satu yang sempat dikunjungi JPNN bersama rombongan Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan (PTH) dan Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I adalah area di depan venue Jakabaring Shooting Range

BACA JUGA: Satu Emas Asian Games 2018 dari Ganda Putra, Bisa?

Selanjutnya, di tepian Jakabaring Rowing Lake atau danau buatan untuk olahraga dayung yang berada di depan Jakabaring Shooting Range tersebut.

Di lokasi itu dibuat taman yang ditumbuhi berbagai jenis pohon. Sejuk dan nyaman.

Pengunjung JSC biasa menghabiskan waktu sambil duduk bersantai di lokasi tersebut.

"Sebagian besar pepohonan yang subur mewarnai JSC dan venue-venue ini berasal dari bantuan bibit BPTH Wilayah I di bawah binaan Dit.PTH," ujar Kepala Seksi Sertifikasi dan Peredaran Benih Tanaman Hutan BPTH Wilayah I, Mahendra Harjianto yang mendampingi JPNN mengelilingi lokasi JSC.

Menurut Mahendra, penanaman berbagai jenis pohon di area JSC ini sudah dilaksanakan sejak 2011.

Penanaman dilakukan melalui berbagai kegiatan baik instansi pemerintah, swasta maupun kelompok masyarakat.

Di antaranya kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang dicanangkan setiap 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) setiap Desember yang melibatkan instansi kehutanan lingkup Provinsi
Sumatera Selatan perguruan tinggi, dan sekolah sekolah serta masyarakat.

Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan bersama di areal JSC dengan memanfaatkan bibit dari PP Sukomoro yang dikelola BPTH Wilayah I .

"Selain itu kelompok masyarakat dan sekolah-sekolah juga sering meminta bibit pada kami, kemudian mereka menanam di area Jakabaring ini maupun di lahan-lahan lainnya. Bibit tersebut diberikan secara gratis," lanjut Mahendra.

Kini JSC bukan hanya sebagai tempat penyelenggaraan Asian Games tapi juga menjadi destinasi wisata bagi warga Kota Palembang dan tamu pendatang yang turut dalam perhelatan Asian Games 2018.

Salah satu lokasi favorit adalah Jakabaring Rowing Lake yang dihiasi pepohonan rimbun. Di lokasi itu disediakan tempat duduk di pinggir danau untuk bersantai dan berswafoto.

Untuk menjaga lingkungan JSC ini tetap bersih dan asri, para pengunjung diharapkan tertib membuang sampah pada tempatnya.

Apalagi lokasi ini telah dilengkapi tempat pembuangan sampah di setiap sudut.

"Pengunjung juga harus ikut menjaga tanaman di area JSC Jakabaring ini. Jadilah tuan rumah Asian Games yang baik," tegas Mahendra. (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Khawatir! Permen LHK 20/2018 Tak Berlaku Surut


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler