Sempat Dirumahkan, 176 Petugas Honorer Kebersihan di Daerah Ini Direkrut Kembali

Senin, 23 Januari 2023 – 21:47 WIB
Tiga petugas kebersihan DLH Rejang Lebong tengah menaikan sampah dari tempat penampungan sementara di Jalan S Sukowati Curup. ANTARA/Nur Muhamad

jpnn.com - REJANG LEBONG - Sebanyak 176 petugas honorer kebersihan di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, yang sempat dirumahkan, akhirnya direkrut kembali.

Ini setelah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rejang Lebong kembali mempekerjakan 176 petugas honorer tersebut. 

BACA JUGA: Bisa Dibayangkan jika Honorer Dihapus Mulai 28 November, Isran Noor Gerak Cepat

“Petugas kebersihan yang sudah kami rekrut kembali sebanyak 176 orang,” kata Pelaksana Tugas Kepala DLH Rejang Lebong Dhendi Novianto Saputra saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin (23/1).

Dia menjelaskan bahwa para petugas honorer kebersihan itu terdiri dari sopir, penyapu jalan, petugas bongkar muat kendaraan truk sampah, koordinator kebersihan, dan tenaga kebersihan kantor.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Penolakan Penghapusan 2,7 Juta Honorer Bergulir, Ternyata Begini Faktanya, Rasional?

Menurut dia, petugas honorer atau tenaga harian lepas (THL) yang kembali dipekerjakan tersebut hanya sebagian saja dari jumlah keseluruhan THL yang dirumahkan pada akhir 2022 lalu, yang mencapai 351 orang.

Dhendi menjelaskan dari ratusan petugas kebersihan yang sudah dipekerjakan ini, masih ada bidang pekerjaan yang belum direkrut, yakni petugas bagian taman.

BACA JUGA: Isran Noor Menolak 2,7 Juta Honorer Dihapus & Jadi Penganggur, Minta Bantuan UGM, Ada Ganjar

Jumlah petugas taman yang akan kembali direkrut, kata dia,sebanyak 35 orang atau setengah dari jumlah sebelumnya sebanyak 70.

Pengurangan jumlah petugas taman itu sendiri akibat keterbatasan anggaran untuk membayar gaji mereka setiap bulannya.

Selain melakukan pengurangan petugas bagian taman pihaknya, juga mengurangi jumlah petugas penyapu jalan.

Dengan adanya pengurangan petugas penyapu jalan ini nantinya satu ruas jalan hanya ditangani oleh tiga atau dua orang dari sebelumnya empat orang.

“Kami akan semaksimal mungkin untuk menjaga kebersihan Kabupaten Rejang Lebong khususnya kawasan Kota Curup, walaupun personel yang kami miliki terbatas," kata Dhendi. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler