Separo Lebih Anggota DPR Mangkir

Kamis, 20 Mei 2010 – 11:10 WIB
JAKARTA - Rapat Peripurna DPR-RI yang berlangsung Kamis (20/5) nampak lebih sepi dari biasanyaBanyak anggota yang bolos tidak bersidang

BACA JUGA: Siapkan Tiga Nama Pengganti Agus di Mandiri

Kali ini, tidak lebih dari setengah ruangan terisi
Pimpinan sidang Priyo Budi Santoso menyatakan yang hadir dalam Paripurna kali ini hanya 249 anggota dari 600 anggota yang ada.

"Yang hadir cuma 249, karena teman-teman dari Demokrat meminta izin berkongres di Bandung," kata Priyo mengawali sidang Paripurna DPR

BACA JUGA: Pengamat : Lanjutkan Reformasi Birokrasi SMI

Namun, selain Partai Demokrat, Partai PDI Perjuangan juga banyak yang tidak menampakkan batang hidungnya.

Padahal, Paripurna kali ini memiliki agenda yang cukup penting
Yakni, membahas kemudian mengesahkan APBN-P 2010

BACA JUGA: Terganjal Gaji, Pengiriman TKI ke Malaysia Batal Dibuka

Sudah tidak banyak yang datang, Fraksi Hanura memutuskan untuk walk out menyusul kehadiran Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sidang paripurna tersebut.

"Kami tetap konsisten, menghormati putusan Paripurna DPR SebelumnyaSeluruh Aggota Fraksi partai Hanura diminta meninggalkan ruanganKami sampaikan salam perpisahan kepada Ibu Doktor Sri Mulyani Indrawati," kata Ketua Fraksi Hanura Ahmad Fauzi.

Sidang Paripurna kali ini memang dihadiri oleh Menkeu Sri MulyaniKarena sesuai dengan rencana semalu, sidang ini akan mengesahkan APBN-P 2010Kehadiran Sri Mulyani, selain mengawal APBNP-2010, disebut-sebut juga ingin melakukan perpisahan dengan DPR.

Sebelumnya, Pimpinan sidang Priyo memang sempat membujuk Fraksi Hanura untuk mengurungkan niatnya walk out"Khusus hari ini, kami mohon Fraksi Hanura membatalkan niatnya untuk walk out," ujar Priyo menanggapi keinginan Partai yang dipimpin Wiranto ini.

Priyo mengiba agar Hanura tetap melanjutkan sidangDengan alasan, karena terdesaknya waktu untuk mengesahkan APBN-P"Jika Hanura walkout, sidang sudah tidak kourum lagiMaka keputusan tidak bisa diambil," pungkas Priyo.

Namun, Fraksi Hanura tidak mau merubah sikapnya"Kami tidak membenci Ibu Sri MulyaniNamun, putusan paripurna telah diambil institusi iniDan itu harus kita hormati pula, "ujar Anggota Hanura Syarifuddin Suding.Pernyataan Suding tersebut disusul walkoutnya anggota Fraksi Partai Hanura dengan terlebih dulu menyalami Sri Mulyani."Baik, kita hormati hak Hanura," ujar Priyo mengiringi kepergian anggota fraksi Partai Hanura dari ruang sidang paripurna.(aj/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menag Minta Otoritas Kelola DAU


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler