Para peneliti Australia memperkirakan banyak kasus kanker sebenarnya bisa dicegah jika warga mengubah kebiasaan hidup yang tidak sehat. Jumlahnya sepertiga dari seluruh kasus kanker setiap tahunnya.

Misalnya kebiasaan merokok, minum alkohol, tidak cukup berolahraga, dan berjemur di bawah matahari terik. Pilihan gaya hidup ini sudah seringkali dihubungkan dengan penyakit kanker.

BACA JUGA: Sultan HB X Dukung Gerakan Sekolah Menyenangkan

Tetapi baru kali ini para peneliti di Australia bisa mengetahui seberapa banyak warganya yang kemudian memiliki kanker sebagai hasilnya.

Ditemukan ada 37 ribu warga Australia yang terkena kanker setiap tahunnya sebagai akibat dari pilihan gaya hidup yang telah disebutkan sebelumnya. Jumlah ini berarti sepertiga dari seluruh kasus kanker yang ditemukan.  

"Hal ini adalah pertama kalinya kita bisa memperkirakan kanker yang sebenarnya bisa langsung dicegah," ujar Profesor David Whiteman dari Institut Penelitian Kesehatan QIMR Berghofer yang bermarkas di Brisbane.

BACA JUGA: Kebakaran Tambang di Australia Ancam Ribuan Situs Batu Kuno Aborijin

"Penelitian yang dilakukan di masa lalu melihat satu atau dua penyebab, tetapi kini melihat 13 faktor lain yang menyebabkan kanker," katanya. Kanker dapat dihindari dengan mengenali kebiasaan dan gaya hidup

 

BACA JUGA: Metode Baru Peternakan Sapi di Australia Bisa Hasilkan Pendapatan Ekstra

Prof. Whiteman memimpin penelitian selama dua tahun untuk menghitung berapa banyak kanker yang dapat dicegah di Australia setiap tahunnya.

"Mengukur faktor gaya hidup dan perilaku tidak mudah, tapi Australia mencatat dengan baik data pada setiap kegiatan. Ini juga dianggap sebagai survei yang cukup akurat untuk mencegah resiko," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Dewan Kanker Australia, Sanchia Aranda mengatakan penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya tanggung jawab dari setiap individu untuk mencegah kanker.

"Hubungan antara faktor-faktor berisiko kanker telah ada sejak lama, tapi yang penting dalam penelitian ini adalah untuk pertama kalinya Australia membuat analisa soal kanker yang bisa dicegah," jelasnya. "Jadi diharapkan akan memotivasi masyarakat untuk mengambil langkah positif soal gaya hidup sehat."

Penyebab utama kanker yang bisa dicegah adalah merokok dan terpapar sinar matahari. Selanjutnya adalah kebiasaan makan.

"Jika Anda makan daging merah setiap malam, maka kami mengimbau Anda untuk mempertimbangkannya kembali," kata Arnada.

Menurutnya konsumsi daging merah dan daging olahan telah menyebabkan 2.500 kasus kanker pada usus besar dan anus.

Karenanya sangat disarankan bagi orang yang memiliki gaya hidup berisiko, ditambah dengan kurangnya konsumsi serat, obesitas, kurang berolahraga, dan kebiasaan makan daging merah, maka kasus kanker menjadi lazim terjadi.

Temuan terbaru ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat Australia dan Selandia Baru.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Perlu Panik Jika Anak Anda Terserang Demam Tinggi

Berita Terkait