Upacara pembukaan olimpiade 2024 ini disebut-sebut sebagai upacara pembukaan yang paling berani dan berisiko dalam sejarah Olimpiade sejauh ini.

Upaya pengamanan di seluruh kota Paris sudah dilakukan secara besar-besaran selama beberapa pekan terakhir.

BACA JUGA: Utak-atik Makan Bergizi Gratis ala Prabowo-Gibran

Kalau semua acara berjalan sesuai rencana, kita akan menyaksikan malam yang tak akan pernah dilupakan, menjadi upacara pembukaan terbesar dalam sejarah Olimpiade.

Lalu bagaimana dengan kontingen asal Indonesia? Semuanya kita rangkum di sini.

BACA JUGA: Kerap Dihantui Cedera, Viktor Axelsen Ungkap Target di Olimpiade Paris 2024

Pertama kalinya digelar di luar stadion

Acara pembukaan Olimpiade Paris akan diikuti sekitar 6.000 hingga 7.000 atlet akan berlayar menyusuri sungai Seine sepanjang 6 kilometer di kota Paris dengan menggunakan 94 perahu, diiringi sekitar 3.000 penari, penyanyi, tak ketinggalan sejumlah penampilan di pinggiran sungai, jembatan, dan monumen.

Arak-arakan ini akan disaksikan hingga 600.000 warga yang langsung menonton dari pinggir sungai, jembatan, atau balkon apartemen yang menghadap ke sungai.

BACA JUGA: Menjelang Olimpiade Paris, Rafael Nadal Masih Cedera

Thomas Jolly, direktur artistik acara pembukaan Olimpiade, masih bungkam soal daftar artis yang akan tampil. Kepada kantor berita Associated Press, ia hanya mengatakan acara pembukaan Olimpiade "akan sangat berarti bagi para artis yang akan tampil."

Kita mungkin tidak akan tahu siapa saja yang akan tampil sampai upacara dimulai, dengan rangkaian pertunjukan yang biasanya juga dirahasiakan.Berapa banyak kontingen Indonesia?

Ada 29 atlet dari 12 cabang olahraga yang akan berlaga dalam Olimpiade 2024 Paris. Jumlah ini lebih banyak dari Olimpiade Tokyo sebelumnya, yakni 28 atlet.

Dua atlet yang terakhir bergabung dalam kontingen Indonesia adalah atlet renang Joe Aditya dan Azzahra Permatahani.

Dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Olimpiade selama dua puluh tahun terakhir, jumlah atlet terbanyak yang pernah dikirim Indonesia adalah 38 atlet di Olimpiade Athena 2004. Siapa pembawa bendera Indonesia?

Pejudo Indonesia, Maryam March Maharani terpilih menjadi pembawa bendera Indonesia dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Ini sekaligus menandai kembalinya Judo ke ajang olimpiade, setelah terakhir kalinya Indonesia ikut ambil bagian dalam cabang olahraga Judo pada Olimpiade 2012 atau dua belas tahun yang lalu.

Maryam March Maharani, akrab dipanggil Rani, akan turun di kelas 52 kilogram putri, dengan prestasi runner-up di Hong Kong Asian Open 2023 dan perunggu di Warsawa Europe Open 2024. 

Rani resmi lolos ke olimpiade 2024 Paris lewat kuota ranking kontinental Asia sebagai judoka peringkat ke-6 di daftar itu.Berapa target medali Indonesia?

Saat melepas kontingen Indonesia ke Olimpiade Paris, Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, tidak menyebut berapa target medali yang akan dibawa pulang Indonesia.

Tapi ia menjanjikan akan membawa pulang "medali terbanyak sepanjang masa". 

Sebagai catatan, medali emas terbanyak yang pernah dibawa pulang Indonesia selama keikutsertaan dalam Olimpiade adalah adalah lima medali, yakni 2 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu saat Olimpiade 1992 Barcelona, yang semuanya dari cabang olahraga bulutangkis.

Sekretaris Jenderal PBSI M Fadil Imran juga optimistis tim bulutangkis Indonesia bisa tetap mempertahankan tradisi membawa medali emas di Olimpiade tahun ini.Ada 'Rumah Garuda' di Paris, apa itu?

Rumah Garuda adalah markas kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Paris, yang jaraknya hanya 10 menit dari komplek perkampunga atlet.

"Ini adalah semacam markas atau basecamp tempat kita mendukung kebutuhan atlet. Kebutuhan apa saja. Makanan, dokter, fisioterapi, dan lain sebagainya," ujar Chef de Mission Anindya Bakrie dalam pernyataan resminya.

Anindya menambahkan Rumah Garuda juga menjadi tempat relawan dan wartawan berkumpul untuk mendukung tim Indonesia yang sedang berlaga di Olimpiade Paris 2024, mengingat perkampungan atlet hanya boleh dimasuki oleh atlet saja. Jam berapa dan di mana nonton upacara pembukaan?

Untuk Anda yang berada di Indonesia, siaran langsung upacara pembukaan Olimpiade 2024 bisa disaksikan melalui stasiun televisi SCTV dan live streaming di Vidio pukul 19.30 waktu Paris atau pukul 00.30 WIB atau 01.30 WITA, atau 02.30 WIT pada Sabtu dini hari (27/07).

Sementara jika Anda bermukim di Australia, upacara pembukaan Olimpiade 2024 Paris bisa ditonton stasiun televisi di Channel 9 pukul 02.24 AWST, atau 03.54 ACST, atau 04.24 AEST juga pada Sabtu dini hari (27/07).

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Topan Kuat Gaemi Menerjang Taiwan, Diperkirakan Akan Menuju Tiongkok

Berita Terkait