Sering Gelisah dan Cemas? Ini Penyebabnya

Jumat, 21 Juli 2017 – 23:53 WIB
Seorang tertidur karena kelelahan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Gangguan kecemasan bukan hanya dipicu oleh situasi yang mengerikan saja.

Tetapi beberapa hal sederhana yang merupakan bagian dari keseharian Anda juga bisa memicu gangguan kecemasan serta memengaruhi susana hati.

BACA JUGA: Rasa Cemas Mulai Menggangu? Ini 8 Cara Efektif Mengatasinya

Berikut ini beberapa hal yang membuat tingkat kecemasan Anda semakin parah, seperti dilansir laman Cheat Sheet:

1. Melewatkan makanan

BACA JUGA: Kurang Tidur Bikin Wajah Lebih Tua?

Entah Anda melakukannya dengan sengaja atau tidak sengaja, bagi beberapa orang, melewatkan makanan bisa memberi dampak besar terhadap perasaan cemas mereka.

Jika Anda tidak makan, maka tubuh mulai kehabisan glukosa yang digunakan untuk bahan bakar.

BACA JUGA: Ini Manfaat Mengejutkan Mandi Malam

Hal ini akan menyebabkan penurunan gula darah. Mayo Clinic mengatakan bahwa kecemasan itu sendiri adalah gejala hipoglikemia atau gula darah rendah.

Untuk lebih memperumit masalah, gejala hipoglikemia juga meniru gejala kecemasan umum seperti palpitasi jantung, mudah tersinggung dan gemetar.

Jika Anda belum sarapan pagi, setidaknya cobalah makan sesuatu seperti telur atau sepotong buah.

Hal ini akan memberi tubuh Anda energi yang dibutuhkan dan menjaga gula darah agar tidak turun.

2. Tinggal di dalam rumah

Tinggal di dalam rumah memiliki banyak efek samping. Time menunjukkan efek sampingnya termasuk risiko depresi dan gangguan mood.

Sebenarnya, kurangnya sinar matahari alami, gerakan minimal dan kecenderungan untuk bergantung pada teknologi hiburan bisa meningkatkan kecemasan Anda dari waktu ke waktu.

Tidak sehat untuk menghindari dunia luar, apa pun alasan Anda melakukannya. Cobalah untuk keluar dari rumah Anda karena kebahagiaan Anda bisa bergantung padanya.

3. Terus-menerus mengecek e-mail anda

Teknologi memang memiliki kekuatan untuk menghubungkan Anda dengan siapapun dan kapan saja.

Dalam banyak hal, ini adalah hal yang baik. Di sisi lain, hal itu bisa berbahaya, terutama bila menyangkut kesehatan mental.

Menurut sebuah laporan American Psychological Association, mayoritas orang dewasa di A.S. menggunakan setidaknya satu platform media sosial secara teratur dan ini adalah penyebab stres yang signifikan bagi mereka.

Rasa takut kehilangan bisa membuat Anda tetap terhubung dengan internet setiap saat, tapi dalam banyak kasus, hal ini tidak baik untuk Anda dalam jangka panjang.

Mengambil beberapa waktu setiap hari untuk off dari gadget Anda, terutama sekitar satu jam sebelum tidur bisa membantu meringankan kegelisahan dan melatih Anda untuk tidak bergantung pada teknologi.

Jika bisa, cobalah untuk tidak memeriksa pesan pekerjaan Anda saat Anda tidak berada pada jam kerja. Hanya karena orang lain mungkin terpaku pada ponsel mereka tidak berarti Anda harus melakukannya.

4. Tidak membuat jadwal tidur

Jika Anda pernah mengalami kesulitan tidur karena stres, Anda tahu keduanya memiliki koneksi yang signifikan. Namun, kurang tidur juga bisa meningkatkan kecemasan Anda.

Penelitian bahkan menunjukkan kurang tidur selama dua malam berturut-turut bisa meningkatkan kecemasan dan membuat lebih sulit bagi Anda untuk mengatasi tekanan psikologis.

Periset sepertinya menganggap hal ini ada kaitannya dengan kombinasi efek samping negatif yang berkaitan dengan kurang tidur.

Regulasi hormon, tekanan darah dan gula darah semuanya bergantung pada siklus tidur dan bangun tubuh Anda.

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Apa yang harus dilakukan bila Anda tidak bisa tidur

Jika tidak tidur nyenyak meningkatkan kecemasan, lalu apa yang harus Anda lakukan jika kegelisahan membuat Anda sulit tidur?

Latihan pernapasan mungkin tidak bekerja untuk semua orang, tapi mulailah dengan itu jika Anda telah terjaga lama dan telah melewati masa tidur Anda.

Jika itu tidak berhasil, National Sleep Foundation merekomendasikan untuk bangun dari tempat tidur setelah 20 menit Anda berbaring di sana dan pergilah ke tempat lain untuk membaca atau melakukan aktivitas apa pun yang bisa membantu rileks.

Selain itu, usahakan hindari kafein di siang hari untuk meningkatkan peluang Anda tertidur nyenyak sepanjang malam.

5. Minum kopi

Mengonsumsi kafein secara tidak langsung mengaktifkan respons sistem saraf Anda.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Susah Tidur? 7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Anda


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler