Sering Kebanjiran, Warga Bojongkulur Mengeluh, Begini Respons Komisi V DPR

Jumat, 20 Mei 2022 – 22:44 WIB
Komisi V DPR RI menerima aspirasi warga Bojongkulur, Kabupaten Bogor, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (19/5). Foto: Arief/nvl

jpnn.com, JAKARTA - Komisi V DPR RI kerap menerima pengaduan dari warga Bojongkulur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, soal banjir yang terus berulang.

Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi prihatin terhadap musibah yang menimpa mereka.

BACA JUGA: MKD DPR Hentikan Kasus Harvey Malaiholo soal Menonton Video Asusila, Apa Alasannya?

Dari aspirasi yang disampaikan kepala desa, warga terdampak, serta Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas (KP2C), banjir di Desa Bojongkulur disebabkan meluapnya Sungai Cilengsi dan Cikeas.

Menurut Mulyadi, pemerintah harus menindaklanjuti banjir yang terus berulang ini.

BACA JUGA: Banggar DPR Dukung Pemberian Kompensasi BBM, LPG dan Listrik

“Kehadiran Bapak Kepala Desa, KP2C, dan masyarakat terdampak membuka mata kami untuk segera menindaklanjuti banjir ini. Kami terus mengingatkan pemerintah untuk segera mengatasi kesulitan yang dialami masyarakat Bojongkulur,” tegasnya.

Hal itu dikatakan Mulyadi seusai menerima audiensi kepala desa, warga terdampak, dan KP2C di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (19/5).

BACA JUGA: Hidayat Nur Wahid Desak RUU KUHP soal LGBT Segera Disahkan Pemerintah dan DPR

Mulyadi menjelaskan, berdasarkan informasi yang disampaikan Kepala Desa Bojongkulur Firman Riansyah, upaya yang dilakukan pemerintah pusat sampai saat ini belum membuahkan hasil.

Sementara itu, banjir setiap tahun makin parah. Dalam setahun, banjir bisa lebih dari satu kali terjadi.

Atas informasi itu, Mulyadi meminta pemerintah untuk meriset prioritas pembangunan.

“Agar masyarakat Bojongkulur yang radiusnya 20 kilometer dari ibu kota bisa merasakan manfaat pembangunan yang gencar dilakukan pemerintah,” ungkap politisi Partai Gerindra itu.

Mulyadi juga menyampaikan apresiasi terhadap KP2C yang secara swadaya menjaga dan menyelamatkan warga di wilayahnya.

“Saya apresiasi dan malu atas tindakan yang dilakukan masyarakat. Pasalnya, hak untuk mendapatkan keselamatan, ketenangan, dan pelayanan seharusnya dilakukan pemerintah. Komisi V segera mencari solusi banjir ini,” tegas legislator dapil Jawa Barat V itu.

Kepala Desa Bojongkulur Firman Riansyah menyampikan rasa terima kasih kepada DPR yang menerima aspirasi masyarakat Desa Bojongkulur.

“Kami menaruh harapan kepada wakil rakyat untuk membantu kami terbebas dari banjir,” katanya.

Salah satu yang disampikan Firman ialah meminta DPR mendorong pemerintah untuk melakukan normalisasi Sungai Cileungsi dan Cikeas dengan dilanjutkan normalisasi Kali Bekasi. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler