Sering Pusing Tak Selalu Anemia, Jangan Langsung Minum Suplemen

Sabtu, 03 Mei 2014 – 14:59 WIB

jpnn.com - SEBAGIAN orang seringkali menjadi dokter diri sendiri atau mendiagnosis, dan memutuskan untuk minum obat tanpa berkonsultasi ke dokter. Salah satunya adalah ketika sedang pusing, banyak orang yang langsung minum suplemen zat besi padahal mungkin tidak diperlukan.

Mengkonsumsi suplemen zat besi sembarangan dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap mineral seperti kalsium. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit, mual, muntah dan diare.

BACA JUGA: Kenali Trigger Asma, Kontrol Serangannya

"Kelelahan memang merupakan gejala kekurangan zat besi yang sering muncul. Meskipun demikian, tidak berarti kelelahan berarti kekurangan zat besi," kata Dr. Joe Kosterich, seperti dilansir laman ABC.net.au,Jumat (2/5).

Meskipun anda merasa minum suplemen zat besi memberikan pengaruh positif, namun anda perlu mempertimbangkan kemungkinan penyebab anda mengalami kelelahan. Bisa jadi alasan kelelahan adalah karena stres atau sering bergadang.

BACA JUGA: Optimisme Bisa Bantu Wanita Miliki Pola Makan Sehat

"Jika kelelahan berlangsung selama lebih dari beberapa minggu dan anda tak menemukan penyebabnya, anda harus langsung ke dokter. Biasanya dokter akan mencari tahu riwayat medis dan gaya hidup anda, kemudian merujuk tes darah untuk menemukan apakah anda memang mengalami kekurangan zat besi atau ada hal lain," pungkas Dr. Kosterich.

Sebagai informasi, sumber makanan kaya zat besi yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kadarnya tetap normal adalah daging merah, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan kering, sereal dan roti.(fny/jpnn)

BACA JUGA: Pentingnya Aktivitas Fisik bagi Pasien Kanker Payudara

BACA ARTIKEL LAINNYA... Awas, Mengkonsumsi Kafein saat Hamil Berbahaya bagi Janin


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler