Setelah AS, Jerman juga Hapus Utang RI

Selasa, 30 Juni 2009 – 14:31 WIB
JAKARTA- Setelah pemerintah menerima penghapusan utang untuk kegiatan konservasi alam dengan Amerika Serikat, penghapusan utang untuk tujuan yang sama akan menyusul dengan pemerintah Jerman.

"Penghapusan utang dari pemerintah Jerman I dan AS sekarang sudahAkan menyusul Jerman dan kemungkinan Italia," kata Menteri Kehutanan MS Kaban pada konferensi pers penandatangan kerja sama penghapusan utang di Departemen Kehutanan, Jakarta, Selasa.

Ditempat yang sama, Sekretaris Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan Haryadi Himawan mengatakan, penghapusan utang dengan Jerman akan menjadi yang ketiga setelah penghapusan utang pertama dengan Jerman dan penghapusan utang kedua dengan Amerika Serikat hari ini.

Menurut Himawan, penghapusan utang dengan Jerman mencakup konservasi taman nasional di Sumatra bagian selatan diantaranya Taman Nasional Leuser

BACA JUGA: Honorer Depkeu Sudah 3 Kali Demo

"Ini meringankan beban utang sekaligus melindungi lingkungan dari ancaman kepunahan," katanya


Haryadi menambahkan, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mendapat penghapusan utang, sedangkan negara lain hanya pengurangan hutan

BACA JUGA: Lindungi Hutan Tropis, AS Siapkan US$218 Juta

"Sekarang sedang diproses," katanya tanpa menyebut waktu penandatangan perjanjiannya.

Potensi taman nasional yang bisa ditukarkan dalam program penghapusan utang untuk alam atau debt for nature swap (DNS) masih sangat besar.

Tercatat hutan nasional seluas 23,8 juta hektar dan habibat spesies di luar taman nasional
Nantinya, selain konservasi taman nasional, program pengalihan utang juga akan difokuskan pada perlindungan spesies.(lev/JPNN)

BACA JUGA: Honorer Depkeu Tagih Janji SBY

BACA ARTIKEL LAINNYA... RI Buka Terus Peluang Pengalihan Utang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler