Siapa Cawapres Pendamping Anies Baswedan? Oh, Makin Kabur

Jumat, 09 Juni 2023 – 07:24 WIB
Calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan pada Pilpres 2024 Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni memberi sinyal bahwa pengumuman nama bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024 belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Tidak semudah itu mengumumkan bakal cawapres Anies Baswedan karena tiga partai koalisi masih terus berkomunikasi dengan signifikan. Kapan, entah hari apa, itu yang tahu hanya para ketua umum," ujar Ahmad Sahroni di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/6).

BACA JUGA: Kubu Anies Baswedan Mengeluh, Kalimat Hasto PDIP Enak, tetapi Telak

Pernyataan Sahroni menanggapi desakan dari Partai Demokrat kepada Anies Baswedan untuk segera menentukan bakal cawapresnya. Meski begitu, Sahroni menanggapinya dengan santai.

Sahroni justru menilai pernyataan Partai Demokrat hanyalah imbauan semata sebab sudah banyak pihak yang ingin mengetahui pasangan bakal cawapres dari setiap bakal capres.

BACA JUGA: Jika Koalisi Perubahan Gagal Usung Anies, Inilah Pihak yang Untung dan Lebih Kuat

"Desakan daripada retorika yang terjadi belakangan, hari ini, karena kepingin diumumkan secepatnya," jelasnya.

Politikus kelahiran 8 Agustus 1977 itu menilai semua hal yang berhubungan dengan pencapresan masih bersifat dinamis.

BACA JUGA: Mahfud MD Didatangi Presiden PKS, Blak-blakan Ogah jadi Pendamping Anies, Alasannya

Dia juga meyakini bahwa dua partai lain di Koalisi Perubahan untuk Persatuan, yakni Demokrat dan PKS, masih solid bersama NasDem untuk mendukung Anies

"'Kan, tadi gue bilang masih dinamis, mau ke kanan, kiri, atas, bawah, itu masih dinamis. Tinggal tergantung sampai titik darah penghabisan pendaftaran capres dan cawapres," ucap Sahroni.

Menurut Sahroni, Demokrat tidak sungguh-sungguh mengancam mundur dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) apabila cawapres Anies tidak diumumkan pada Juni ini.

Awak media pun sempat menyinggung peluang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal cawapres pendamping Anies Baswedan.

Sahroni menegaskan semua kemungkinan masih bisa terjadi dan tidak hanya berpatokan pada tokoh tertentu.

"Semua nama masih bisa menjadi cawapres semua capres. Jadi, tidak harus satu nama, dua nama, dan tiga nama. Tidak," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto mengungkapkan bahwa para petinggi partai KPP akan mengadakan pertemuan dalam waktu dekat untuk mengumumkan bakal cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Nanti dalam sehari dua hari ini akan ada kejutan. Pimpinan-pimpinan partai akan segera berkumpul dalam sehari dua hari. Jangan-jangan besok sudah tersebut," ujar Sugeng usai konferensi pers di Jalan Brawijaya X Nomor 46, Jakarta, Selasa (30/5).

Sugeng mengatakan sosok cawapres Anies Baswedan akan mengejutkan banyak pihak. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler