SIKIB Expo Kenalkan Produk Lokal ke Dunia

Kamis, 02 Desember 2010 – 12:51 WIB

JAKARTA – Para isteri menteri yang tergabung dalam Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) menggelar Expo 2010Ketua I SIKIB Okke Hatta Rajasa mengatakan, pameran itu untuk memperkenalkan produk lokal menjadi produk internasional.

“Melalui pameran ini, SIKIB ingin berbagi kepada khalayak dengan model one village one product

BACA JUGA: Gepak Minta KPK Tangkap Wako Bekasi

Kami ingin menjadikan produk lokal sebagai salah satu bagian dari produk internasional,” kata Okke, di hadapan ibu negara Ani Yudhoyono, dalam sambutannya di SIKIB Expo 2010, yang diselenggarakan di gedung Smesco-UKM, Jakarta Selatan, Kamis (2/12).

Dalam acara yang digelar selama tiga hari, 2-5 Desember 2010, SIKIB berupaya perwujudan lima pilar dari programnya, yaitu Indonesia Sehat, Indonesia Peduli, Indonesia Kreatif, Indonesia Pintar, dan Indonesia Hijau.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut ulang tahun ke-6 SIKIB yang jatuh pada 29 Desember 2010
Selain pameran, juga diadakan pertunjukan, talkshow, aneka lomba, dan gerai yang menjual barang sumbangan yang hasilnya akan diserahkan untuk korban bencana Wasior, Mentawai, dan Merapi.

"Ada 80 stan dari beragam produk yang ikut dalam expo ini, termasuk hasil karya korban Merapi yang telah diberikan pelatihan," kata Okke.

Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan, mengatakan, pameran sangat penting untuk memperkenalkan produk dalam negeri ke manca negara

BACA JUGA: Busyro Muqoddas Kulonuwun ke KPK

“Selama ini yang menjadi permasalahan di UKM adalah pemasaran
Nah, momen ini kami harapkan bisa membangkitkan produk-produk unggulan dalam negeri," harap Syarif.

Dalam momen ini, juga diserahkan Akte Pendirian Pembentukan Koperasi Sejahtera oleh Ketua I SIKIB kepada Menteri Koperasi dan UKM

BACA JUGA: MA Somasi Metro TV

Diserahkan pula secara simbolis 4 unit mobil hijau, di mana 3 di antaranya merupakan sumbangan dari Sinarmas dan 1 unit dari Riau Andalan Pulp and Paper CorporationMobil Hijau ini, 1 unit diserahkan kepada Tim Penggerak PKK Jambi, 2 unit untuk PKK Riau, dan 1 unit untuk PKK Ogan Ilir, Palembang.

Seperti dilansir tim kepresidenan, Ibu negara Ani Yudhoyono menyatakan dukungannya atas pameran yang diprakarsai SIKIB untuk mensosialisasikan program-programnya"Terutama dalam pemberdayaan masyarakat kecil yang mengacu pada kearifan lokalIni penting karena terbukti kokoh menjadi basis di negara kita," ujar Ani.

Dia juga berharap masyarakat dapat mengadopsi model pemberdayaan yang dilakukan SIKIB guna mewujudkan Indonesia Sejahtera"Semua terserah pada kita, tergantung pada minat di masing-masing bidangIndonesia merupakan pasar yang potensial bagi industri kreatif,” katanya.

Ibu negara juga memuji metode One Village One Product (OVOP) sebagai metode yang sangat baik, karena dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat"Metode ini teruslah disebarkan agar hasilnya bisa dirasakan masyarakat luas," ujar Ani.(yun/man/gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Mau Terlibat Masalah Pribadi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler