SILO Pacu Investasi Layanan Digital, Jumlah Pengguna Meningkat

Selasa, 27 Juni 2023 – 17:00 WIB
SILO pacu investasi layanan digital, salah satunya lewat aplikasi MySiloam. Foto dok. SILO

jpnn.com, JAKARTA - PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) berkomitmen berinvestasi pada layanan digital untuk memberikan pelayanan terintegrasi terhadap pasien.  

Group CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) sekaligus Presiden Komisaris SILO John Riady menyampaikan bahwa SILO terus berinvestasi dalam kemampuan dan keterlibatan platform pasien digital untuk lebih meningkatkan pengalaman pasien. 

BACA JUGA: SILO Pacu Layanan 3 Spesialisasi Utama

Tujuannya agar pasien mendapatkan layanan yang lebih seamless dan terintegrasi.

Saluran digital ini sendiri termasuk Aplikasi MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan nomor WhatsApp khusus. 

BACA JUGA: RS Siloam TB Simatupang Punya Metode Baru Atasi Gangguan Irama Jantung

Seiring dengan meningkatnya popularitas saluran digital Siloam, jumlah pasien yang diperoleh secara digital juga meningkat.

 "Saluran Digital Siloam termasuk Live Chat dan WhatsApp berkontribusi 18% terhadap total Kunjungan Rawat Jalan pada Kuartal I/2023," ungkap John dalam pernyataan resminya, Selasa (27/6).

BACA JUGA: RS Siloam Dukung Pemerintah Mengatasi Kesenjangan Penanganan Penderita Kanker

Diketahui, SILO membukukan kinerja positif pada Kuartal I/2023. Kinerja SILO ini tentu saja berimbas positif terhadap induk usahanya LPKR yang merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 58,05%. 

SILO membukukan pendapatan sebesar Rp 2,05 triliun pada Kuartal I/2023, meningkat 17,2% dibandingkan dengan Kuartal I/2022.

Laba bersih SILO tercatat sebesar Rp 257 miliar pada Kuartal I/2023 atau meningkat 152,3% dibandingkan dengan Kuartal I/2022. 

Marjin Laba Bersih sendiri mencapai 12,6% pada Kuartal I/2023, dibandingkan dengan 5,8% pada Kuartal I/2022.  

Di sisi lain, selama pandemi Covid-19, ada peningkatan yang signifikan dalam adopsi platform digital MySiloam dengan jumlah unduhan aplikasi yang terus meningkat. 

Saluran pasien digital Siloam telah terintegrasi di seluruh 41 unit rumah sakit dan semua pasien sekarang dapat mengakses pemeriksaan, serta pengujian medis secara digital melalui aplikasi MySiloam.

Aplikasi MySiloam juga memungkinkan pasien untuk membuat janji temu dan mendapatkan informasi terbaru tentang daftar perawatan yang tersedia di Rumah Sakit Siloam. 

Per Kuartal I/2023, aplikasi MySiloam telah diunduh lebih dari 1,5 juta pengguna.

Rata-rata pengguna aktif bulanan mencapai 110.000 pasien dan rata-rata tingkat engagement lebih dari 77%.

Selain fitur teleconsultation oleh MySiloam App, SILO menyediakan layanan homecare untuk pasien yang secara fisik tidak dapat datang mengunjungi dokter.

Dengan fasilitas ini, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter Siloam dalam kenyamanan rumah mereka. 

"Investasi dalam layanan digital ini diharapkan akan memperluas cakupan SILO, sehingga pelayanan kesehatan dapat diberikan di luar dari gedung rumah sakit," pungkasnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siloam Oncology Summit 2023: Kanker Paru-Paru Mendominasi Kasus di Indonesia


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler