Sisi Gelap Caleg Mempengaruhi Psikologi Pemilih

Senin, 15 April 2019 – 19:12 WIB
Warga TPS 28 Antusias Gunakan Hak Suara Foto by: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Psikologi, Ratih Ibrahim menyebut kasus korupsi dan skandal pribadi berpotensi memengaruhi pilihan politik rakyat dalam Pemilu 2019. Menurut dia, kepercayaan rakyat terhadap caleg akan memudar jika tersangkut kasus.

"Kasus-kasus, aib punya potensi memengaruhi psikologi pemilih. Ada trust yang jadi terganggu dan rusak,” ujar Ratih saat dihubungi wartawan, Senin (15/3).

BACA JUGA: Persaingan di Dapil Jateng 2: Harijanto Arbi, Tamara Geraldine, Dina Lorenza

Hanya saja, kata dia, caleg yang memiliki skandal atau tersangkut kasus masih memiliki peluang terpilih. Syaratnya, masyarakat menutup mata atas skandal atau kasus yang dimiliki caleg.

"Kecuali pemilihnya memang buta atau membutakan diri terhadap kasus tersebut," ujar dia.

BACA JUGA: Upaya Klenik Caleg Raup Suara, Diolesi Minyak, Keris Kecil, dan Prabu Denum Sekar

Psikolog sosial UGM, Koentjoro mengungkapkan hal senada. Dia menyebut sisi gelap caleg berpotensi menghapus sisi rasionalitas pemilih saat hendak menyalurkan suara di Pemilu 2019.

"Namun, kalau kepatuhan sudah terbentuk pemilih akan membela dan merasionalkan kenapa perilaku caleg itu bisa terjadi," ujar dia, Senin ini.

BACA JUGA: Efek Ekor Jas Hanya Dinikmati Tiga Partai Ini

Ketika kepatuhan terbentuk, kata dia, masyarakat akan mewajarkan aksi korupsi seseorang caleg. Rakyat akan menilai caleg korupsi karena tidak memiliki dana atau tidak cukup percaya diri bertarung di Pemilu 2019.

"Terlebih lagi ada desakan terus menerus dari timsesnya,” ungkap dia.

Sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan foto-foto mesum caleg partai Demokrat berinisial F, dan juga skandal yang melibatkan keluarga caleg Partai Gerindra berinisial S. Selain skandal pribadi, sejumlah caleg juga terjerat kasus korupsi dan narkotika.

Pada 11 April 2019, seorang caleg dari Partai Gerindra berinisial AM asal Kota Bandung, Jawa Barat, ditangkap Polda Jawa Barat. AM ditangkap polisi lantaran kedapatan menggunakan sabu seberat 0,6 gram.(mg10/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasil Survei: PKB Satu-satunya Partai Islam yang Selamat


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler