Snowden Kembali Serang NSA

Senin, 27 Januari 2014 – 01:53 WIB
Wawancara eksklusif Jurnalis NDR dengan Edward Snowden. Foto: Knut Sodemann/NDR

jpnn.com - Bekas pegawai kontrak National Security Agency (NSA) Edward Snowden kembali mengumbar 'serangan' atas kebijakan intelijen AS. Ia menyebut selain menyadap petinggi-petinggi dari berbagai negara, NSA juga melakukan aksi spionase terhadap perusahaan.

"Jika perusahaan teknik Jerman Siemens memiliki informasi yang akan menguntungkan Amerika Serikat,  meski hal itu tidak ada hubungannya dengan kebutuhan keamanan nasional, NSA masih akan menggunakannya," ujarnya seperti dilansir kantor berita ABC, Minggu (26/1).

BACA JUGA: Bank Dunia Bantu Myanmar USD 2 Miliar

Sebagaimana diketahui, Snowden telah membocorkan rincian dari operasi intelijen AS. Dia menyebutkan bahwa AS telah memiliki banyak data yang dikumpulkan dari saluran telepon dan internet dari seluruh dunia lewat sebuah progam bernama Prism. Sebagai akibatnya, Washington memberikan hukuman kepadanya paling lama tiga puluh tahun penjara.

Saat ini Snowden berada di Rusia lantaran diberi suaka selama setahun. Pemerintah Rusia bahkan memutuskan untuk memperpanjang masa suakanya selama setahun. Di sisi lain, pemerintah AS menolak untuk memberikan grasi kepadanya. (dem)

BACA JUGA: Adu Kepentingan di Pusaran Konflik Ukraina

BACA JUGA: Baku Tembak Pecah di Xinjiang

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sehari Sebelum Ultah, Presiden UEA Diserang Stroke


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler