Soal Gayus, Marzuki Alie Ingatkan Jaksa Agung dan Kapolri

Senin, 17 Januari 2011 – 21:42 WIB

JAKARTA - Ketua DPR RI, Marzuki Alie menyatakan, jika kepolisian dan kejaksaan tidak memrioritaskan penyelesaian kasus mafia pajak Gayus Tambunan dan malah membiarkannya menjadi tidak menentu, maka DPR tentu merasa perlu mengevalusi kinerja Kapolri dan Jaksa Agung (Jagung)Marzuki beralasan kasus itu merupakan kasus penting dan strategis.

"Kalau tidak memprioritaskan penyelesaian secara hukum kasus mafia pajak, maka DPR dalam waktu dekat wajib mengevaluasi kinerja dan jabatan Kapolri serta Jaksa Agung," tegas Marzuki Alie, di gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, (17/1).

Menurut Marzuki, upaya penuntasan kasus itu menjadi sangat penting dan strategis agar tidak muncul berbagai kecurigaan

BACA JUGA: FPN Desak Tutup Loket Verifikasi Parpol

Untuk itu, Kejaksaan dan kepolisian hendaknya melibatkan KPK
"Sebaliknya, kepolisian dan kejaksaan juga harus merespon positif langkah KPK yang sudah memulai menyelidiki kasus ini," imbuh Marzuki.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDI-P, Pramono Anung

BACA JUGA: Tjahjo Ingin Repdem Bergaya Demonstran

Menurut Pramono, aparat kepolisian harus segera menuntaskan kasus Gayus Halomoan Tambunan yang sempat plesiran ke luar negeri padahal berstatus tahanan.

"Kasus itu harus dibongkar dan dipastikan
Sebab, kemungkinan ada aktifitas rahasia yang dilakukan Gayus di Hongkong dan Macau, di mana perputaran keuangan di wilayah tersebut luar biasa besarnya," kata Pramono Anung, "Saya mendengar Gayus juga ke Hongkong di tengah kepergiannya ke Macau

BACA JUGA: UU Parpol Baru Digugat di MK

Karena itu, tugas polisi untuk mengusut kebenarannya," sambung mantan Sekjen PDIP itu.

Kata Pramono, sangat masuk akal jika plesiran Gayus ke Singapura, Hongkong, dan Macau hanya untuk urusan yang berkaitan dengan uang“Jadi, Komisi III DPR harus membukanya sebagai salah satu upaya pemberantasan Mafia Pajak dan membantu polisi menuntaskan kasus iniTermasuk mengungkap semua perusahaan yang "bermain" dengan Gayus,” katanya(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gedung Baru DPR Jangan Bikin Marzuki Malu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler