Tjahjo Ingin Repdem Bergaya Demonstran

Masinton Pasaribu Terpilih Sebagai Ketum Baru Repdem

Senin, 17 Januari 2011 – 07:56 WIB

JAKARTA - Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) "salah satu organisasi sayap milik PDIP, telah memiliki nahkoda baru, yakni Masinton PasaribuMantan aktivis 1998 itu terpilih melalui voting tertutup

BACA JUGA: UU Parpol Baru Digugat di MK

Dia menggantikan Budiman Sudjatmiko yang sejak awal memutuskan tidak maju lagi
"Saya berharap Repdem bisa menjadi advokat rakyat yang menjadi korban ketidakadilan pembangunan, baik di pusat ataupun di daerah, tanpa memandang bulu itu kader dari partai apapun," kata Budiman di Jakarta, kemarin (16/1).

Kongres Repdem tersebut berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sejak Jumat lalu

BACA JUGA: Gedung Baru DPR Jangan Bikin Marzuki Malu

Setelah melalui perdebatan yang hangat menyangkut tatib, minggu dini hari, pemilihan ketua umum akhirnya berjalan dengan lancar.

Dari tiga kandidat yang muncul, Masinton Pasaribu memperoleh dukungan mayoritas dengan 61 suara
Sedangkan dua rivalnya, yakni Hadi Ciptono mendapat 43 suara dan Mulyadi dengan 13 suara.

Budiman yang kini duduk sebagai anggota Komisi II DPR RI itu mewanti "wanti agar Repdem mampu membangun sinergi yang optimal dengan PDIP

BACA JUGA: Tak Tahan Disudutkan, Marzuki Bakal Buka-bukaan

Saat ini Repdem telah memiliki jaringan di 16 provinsi dan 127 kabupaten/kota"Repdem harus terus berintegrasi dengan partai dari pusat hingga cabang," tegasnya.

Secara terpisah, Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan pola gerakan Repdem harus punya kekhasan seperti organisasi sayap PDIP yang lainContohnya Banteng Muda Indonesia (BMI) yang cenderung bergaya  satgas, Taruna Merah Putih (TMP) yang menggarap massa pemuda, mahasiswa, dan olahraga, ataupun Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) yang membidik segmen pemilih muslim.

Menurut Tjahjo, DPP ingin memosisikan Repdem sebagai organisasi  berkarakter aktivisBahkan, Tjahjo sangat mendukung kalau Repdem yang memang didirikan oleh para eks "aktivis gerakan mahasiswa itu tetap mempertahankan gaya ala demonstrannya"Demonstrasi akan lebih efektif dilakukan Repdem daripada Bamusi, struktur partai, atau BMI," katanya.

Salah satu wilayah yang bisa menjadi fokus Repdem adalah kebijakan DPRD dan Pemerintah Daerah"Sikat saja kalau ada kebijakan DPRD dan pemerintah daerah yang tidak pro rakyatDi sini posisi Repdem," tegas Tjahjo(pri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kandidat Ketum Ansor Saling Jegal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler